Reporter: Merlinda Riska | Editor: Havid Vebri
JAKARTA. Elevenia.co.id terus menggenjot pertumbuhan dari penggunaan uang elektronik (e-money). Anak usaha patungan dari PT XL Axiata Tbk dengan SK Planet asal Korea Selatan ini, hingga Oktober telah meraih volume transaksi penggunaan e-money sebesar Rp 1 miliar.
Madeleine Ong de Guzman, Vice President Marketing Elevenia menyatakan, pihaknya melihat bahwa e-money di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. Untuk itu, saat ini Elevenia terus melakukan edukasi melalui sosialisasi penggunaan e-money sebagai pembayaran. Caranya dengan membuat program khusus bagi pengguna e-money tersebut.
Lebih lanjut lagi ditambahkan oleh Madeleine bahwa hingga September 2015 lalu, jumlah penggunaan e-money sebagai salah satu metode pembayaran di elevenia terus meningkat. "Jumlahnya hampir 6% dari jumlah total transaksi di elevenia," kata Madeleine dalam siaran resminya, Jumat (9/10).
Madeleine menambahkan, saat ini di Elevenia sudah tersedia 5 pilihan pembayaran melalui e-money, yakni XL Tunai, T-Cash, Indosat Dompetku, BBM Money, dan yang terbaru adalah Mandiri e-cash. Mulai bulan Oktober ini, setiap hari Kamis ada program khusus, potongan harga 30% bagi mereka yang membayar dengan menggunakan Mandiri e-cash.
"Saat ini memang pembayaran dengan e-money masih terbilang kecil, namun jumlah volume transaksi bisa mencapai Rp 1 Milyar," ujar Madeleine.
Potensi penggunaan e-money terus tumbuh bisa dilihat dari data Bank Indonesia. Menurut pada data dari Bank Indonesia, pada tahun 2013 lalu total transaksi melalui e-money di Indonesia mencapai angka Rp 2 Triliun.
Setahun berikutnya, jumlah tadi meningkat sebesar 29%. Penetrasi dunia digital memang telah membuka mata banyak orang, termasuk penggunaan e-money ini. Tak ayal, di tahun 2015 ini, Bank Indonesia terus berupaya untuk mendorong penggunaan transaksi uang elektronik untuk mengalami peningkatan sebesar 2,4% dalam perhitungan Gross Domestic Product (GDP).
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News