kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.133.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Elnusa (ELSA) Raih Kenaikan Peringkat dari idAA- Menjadi IdAA dari Pefindo


Minggu, 16 April 2023 / 11:41 WIB
Elnusa (ELSA) Raih Kenaikan Peringkat dari idAA- Menjadi IdAA dari Pefindo
ILUSTRASI. Elnusa (ELSA) mengantongi kenaikan peringkat dari idAA- dengan outlook stabil di tahun 2022 menjadi IdAA dengan outlook stabil.


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Elnusa Tbk (ELSA) mengantongi kenaikan peringkat dari idAA- dengan outlook stabil di tahun 2022 menjadi IdAA dengan outlook stabil pada 2023 dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). 

Pefindo menaikkan peringkat Sukuk Berkelanjutan I Elnusa Tahap I Tahun 2020 atas pandangan  tingkat dukungan yang semakin kuat dari PT Pertamina (Persero) selaku pemegang saham pengendali terakhir. Adapun periode peringkat ini berlaku mulai dari 10 April 2023 sampai dengan 1 April 2024. 

Selain itu, Pefindo juga menilai kenaikan peringkat yang dicapai Elnusa terjadi karena Elnusa memiliki kemampuan yang kuat pada pemenuhan komitmen keuangan jangka panjang.

Perolehan ini diputuskan setelah berlangsungnya serangkaian Pemantauan Pemeringkatan atas Sukuk Ijarah Berkelanjutan dan Perusahaan, yang dimulai pada 7 Maret 2023 dengan beberapa tahapan penilaian yang terdiri dari pengisian kuesioner, penyampaian data dan informasi terkini serta proyeksi keuangan jangka panjang 2023-2027.

Baca Juga: Elnusa (ELSA) Gandeng BUMD Riau Tangkap Peluang Bisnis Migas

Dalam rangka penilaian ini juga, Pefindo melakukan site visit di lokasi kerja Elnusa pada anak perusahaan PT Elnusa Petrofin (EPN) di depo Liquified Petroleum Gas (LPG) Amurang pada 16 Maret 2023 lalu untuk melihat dan menilai secara langsung kondisi operasional Perusahaan. Pada akhir proses penilaian dilakukan management meeting Pefindo bersama Direksi Elnusa.

Peringkat yang telah diraih Elnusa dapat terus naik apabila Elnusa menunjukkan kekuatan posisi bisnisnya. Hal itu dapat ditandai dengan pertumbuhan pendapatan dan laba yang signifikan, dengan tetap mempertahankan rasio struktur modal yang konservatif dan proteksi arus kas yang kuat secara berkelanjutan. 

Direktur Keuangan Elnusa, Bachtiar Soeria Atmadja mengatakan peringkat tersebut mencerminkan tingkat dukungan yang kuat dari Grup Pertamina, posisi Elnusa yang kuat serta adanya diversifikasi pendapatan di bisnis jasa pendukung migas dan kondisi keuangan yang kuat.

“Elnusa sebagai anak perusahaan yang strategis dalam mendukung aktivitas hulu Pertamina di bawah subholding upstream PT Pertamina Hulu Energi (PHE) termasuk eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi di seluruh lokasi usaha Pertamina baik di dalam maupun di luar negeri, dan juga mendukung aktivitas hilir di bawah subholding lainya di Grup Pertamina,” kata Bachtiar dalam siaran pers, Minggu (16/4). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×