kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 -1,49%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Elnusa Petrofin Siagakan Armada dan SDM, Amankan Pasokan Energi untuk Nataru


Rabu, 20 Desember 2023 / 15:13 WIB
 Elnusa Petrofin Siagakan Armada dan SDM, Amankan Pasokan Energi untuk Nataru
ILUSTRASI. PT Elnusa Petrofin (Elnusa Petrofin), anak usaha PT Elnusa Tbk (ELSA)


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Elnusa Petrofin (Elnusa Petrofin), anak usaha PT Elnusa Tbk (ELSA) Kembali mendapat amanah untuk mendukung Satuan Tugas (Satgas) Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) PT Pertamina Patra Niaga.

Satgas Nataru ini dimulai dari tanggal 15 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 mendatang. Peran Satgas Nataru sangatlah penting dalam menjaga ketersediaan energi, diprediksikan sekitar 43% pergerakan masyarakat akan meningkat dalam rentang waktu tersebut bila dibandingkan dengan tahun lalu.

Dalam Satgas ini, Elnusa Petrofin turut serta menjadi bagian untuk mensupport Pertamina Patra Niaga dalam mendistribusikan energi ke seluruh penjuru Negeri demi menjaga ketahanan energi.

Baca Juga: Dukung Transisi Energi, Elnusa (ELSA) Diversifikasi Bisnis Pengelolaan Petrokimia

Dalam menjalankan tugas Satgas Nataru 2023-2024, beberapa hal yang telah disiapkan PT Elnusa Petrofin untuk mendukung PT Pertamina Patra Niaga dalam menjaga ketahanan energi khususnya direntang waktu tersebut. 

Dalam Operational Excellence, Elnusa Petrofin mempersiapkan SDM dan kendaraan yang akan beroperasi di seluruh wilayah operasi.

Untuk kesiapan Awak Mobil Tangki (AMT) yang akan mengoperasikan mobil, Elnusa Petrofin telah menyiapkan 5.984 AMT.

Selain itu, Elnusa Petrofin juga mempersiapkan backup mobilisasi AMT dari lokasi lain ke lokasi yang terdampak satgas Nataru secara siginifikan.

Baca Juga: Elnusa (ELSA) Raih Kenaikan Peringkat dari idAA- Menjadi IdAA dari Pefindo

“Satgas Nataru 2023-2024 menjadi prioritas setiap tahunnya oleh karena itu segala sesuatunya kami persiapkan dengan baik. Kami juga senantiasa melakukan koordinasi baik internal maupun eksternal. Mengingat pada masa Nataru 2023-2024 aktivitas warga mulai meningkat dan kami harus memastikan pasokan energi tetap terjaga,” ujar Putiarsa Bagus Wibowo, Manager Corporate Communication & Relations Elnusa Petrofin dalam siaran persnya, Rabu (20/12).

Dari segi kesiapan armada Mobil Tangki (MT), sebanyak 1.947 unit disiapkan untuk mendistribusikan energi kepenjuru negeri.

Elnusa Petrofin pun memastikan seluruh sarana dan fasilitas serta unit kendaraan operasional telah dilakukan kalibrasi, upgrading, dalam kondisi baik.

Selain Mobil Tangki (MT) Reguler, Elnusa Petrofin juga menyediakan MT Spot Charter sebanyak 222 MT yang tersebar di lokasi Satgas Nataru.

Baca Juga: PT Elnusa Petrofin Gelar Go Live Penyaluran Perdana BBM di Fuel Terminal Indragiri

“Seluruh sarana dan fasilitas yang dimiliki Elnusa Petrofin pun dipastikan berjalan dengan baik. Unit kendaraan yang akan menjalankan tugas operasional telah dikalibrasi, upgrading, dan semuanya dipastikan dalam kondisi baik. Sarana penunjang seperti Bengkel kendaraan atau Workshop serta ratusan Rest Area bagi Awak Mobil Tangki juga dipastikan berfungsi dengan optimal,” tambah Putiarsa.

Awak Mobil Tangki (AMT) yang bertugas dalam satgas Nataru 2023-2024 ini telah memiliki kompetensi serta sertifikasi terkait yang dibutuhkan dalam menjalankan pekerjaan. Pelatihan untuk AMT pun telah dilaksanakan sepanjang 2023.

Untuk memastikan pendistribusian BBM/BBK berjalan lancar dan aman saat Satgas, Tim Pusat Kontrol Distribusi Area (PKDA) beroperasi 24 jam setiap hari untuk memantau pengiriman BBM/BBK dan perilaku mengemudi Awak Mobil Tangki (AMT) secara real-time.

Baca Juga: Kiprah 40 Tahun Elnusa Berikan Solusi Total Jasa Energi di Blok Mahakam

Tim PKDA tersebar di 6 daerah wilayah operasi seperti Medan (Region Sumbagut), Palembang (Region Sumbagsel), Surabaya (Region Jabalinus), Balikpapan (Region Kalimantan), Makassar (Region Sulawesi), dan Jayapura (Region Maluku Papua). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×