kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Enseval (EPMT) alokasikan dana hingga Rp 16 miliar untuk beli tanah di tahun 2020


Selasa, 17 Desember 2019 / 17:08 WIB
Enseval (EPMT) alokasikan dana hingga Rp 16 miliar untuk beli tanah di tahun 2020
ILUSTRASI. Enseval Putera Megatrading - perusahaan pergudangan dan logistik distribusi farmasi


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Enseval Putera Megatrading Tbk berencana terus memperkuat jaringan distribusinya di tahun 2020. Emiten yang memiliki kode saham EPMT ini berencana akan membeli tanah di Tegal dan Kediri untuk membangun gedung dan gudang baru pada tahun 2020 nanti.

Untuk pembangunan gudang dan gedung baru di Kediri, perseroan akan membeli lahan dengan luas sekitar 5.000 meter persegi. Rencananya, perseroan akan membangun gedung dan gudang baru dengan kapasitas penyimpanan sebesar 1.500 - 2.000 pallet di atas lahan tersebut.

Baca Juga: EPMT optimis bisa mencatat pertumbuhan penjualan dan laba bersih hingga 2019

Sementara itu, untuk pembangunan gudang dan gedung baru di Kediri, EPMT akan membeli lahan dengan luas sekitar 7.000 - 8.000 meter persegi. Di atas lahan tersebut, perseroan berencana membangun gedung dan gudang baru dengan kapasitas penyimpanan sebesar 3.000 - 4.000 pallet. 

Pembelian dari lahan di kedua lokasi tersebut diperkirakan akan memakan dana sebesar Rp 15 miliar - Rp 16 miliar. Sumber pendanaan dari pembelian lahan di kedua lokasi tersebut akan mengandalkan sumber pendanaan internal.

Adapun tahapan pembangunan gedung dan gudang baru, baru akan dilakukan pada akhir tahun 2020 atau awal tahun 2021, menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Proses pembangunan gedung dan gudang dan gudang baru diperkirakan akan memakan waktu kurang dari satu tahun. 

Baca Juga: Enseval Putera Megatrading (EPMT) Optimistis Bisnis Distribusi Tumbuh 8%

Menurut keterangan Direktur PT Enseval Putera Megatrading Tbk, Jos Iwan Atmadjaja, sebelumnya, perseroan sudah mengoperasikan cabang gedung dan gudang baik di Tegal maupun Kediri. Namun demikian, asset berupa gedung ataupun gudang yang digunakan di kedua lokasi tersebut masih mengandalkan aset pihak lain yang disewa oleh perseroan. 

Menurut Jos, hal ini sedikit menghambat upaya perseroan untuk mempertahankan standar kondisi gudang yang ingin dipertahankan perseroan ketika mengoperasikan gudang di kedua wilayah tersebut. 

Padahal, perseroan memiliki standar pergudangan yang cukup tinggi, sebab perseroan juga mendistribusikan produk-produk farmasi. Oleh karenanya, perseroan memutuskan untuk membangun gedung dan gudang baru milik sendiri di kedua lokasi tersebut.

Baca Juga: Enseval optimistis tumbuh 8% tahun ini

“Kami adalah perusahaan distribusi logistik yang fokusnya di produk-produk pharmaceutical dan consumer health, standar daripada gudang kami berbeda dengan gudang-gudang biasa,” jelas Jos Iwan ketika ditemui usai acara paparan publik pada Selasa (17/12).

Selain itu, pembangunan gudang dan gedung baru di kedua wilayah tersebut juga dilakukan untuk mengantisipasi pertumbuhan bisnis untuk tiga hingga lima tahun ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×