kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Erajaya mengincar retail tumbuh 20%-25%


Selasa, 08 Juli 2014 / 07:42 WIB
Erajaya mengincar retail tumbuh 20%-25%
ILUSTRASI. Logo 1 Abad NU 2023 dan Rundown Acara 1 Abad NU di Sidoarjo 2023.


Reporter: Merlinda Riska | Editor: Anastasia Lilin Yuliantina

JAKARTA. Menginjak pekan kedua Ramadan ini, PT Erajaya Swasembada Tbk merealisasikan rencana membuka gerai perdana khusus membidik pasar retail. Memanfaatkan momen Lebaran, perusahaan ini pun berharap bisa memperkuat penjualan retail bulan ini dibandingkan bulan biasa.

Gerai bernama EraPlus tersebut berada di bawah kelolaan PT Erafone Artha Retailindo. Gerai ini akan berlokasi di Mal Emporium Pluit, Jakarta Utara.

Sekretaris Perusahaan Erajaya Swasembada Djatmiko Wardoyo mengakui dalam setahun ada tiga musim penjualan telepon seluler (ponsel) sangat ramai, yakni saat kelulusan atau kenaikan sekolah, Lebaran dan Natal. Nah tahun ini, kebetulan momen kenaikan atau kelulusan sekolah bertepatan dengan Lebaran.

Namun, pada saat yang sama juga ada momentum pemilihan presiden (pilpres). Menurut Djatmiko, momen pilpres ini membikin kondisi politik dan ekonomi Indonesia tidak pasti.

Di sisi lain, potret nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat tahun ini juga tak kondusif. "Variabel tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun-tahun yang lalu. Jadi, meski berbarengan libur sekolah dan Lebaran kenaikan penjualan konservatif saja," beber Djatmiko kepada KONTAN, Senin (7/7).

Erajaya pun cuma bisa berharap pilpres pada Rabu, 9 Juli nanti berlangsung lancar dan damai. Dengan begitu, keamanan terjaga dan rupiah menguat karena kepercayaan dunia terhadap masa depan Indonesia meningjkat. "Dengan begitu kondisi bisnis bisa bagus dan stabil, membuat pebisnis bisa mudah menentukan langkah ekspansinya," kata Djatmiko.


Meski menargetkan pertumbuhan penjualan bulan ini konservatif, rupanya proyeksi Erajaya masih berupa pertumbuhan double digit. Perusahaan ini memprediksi pertumbuhan penjualannya bulan ini 15%-20%. Jika dirinci, pertumbuhan penjualan retail berpotensi tumbuh 20%-25% dan pertumbuhan penjualan distribusi adalah sekitar 10%-15%.

Sekadar informasi, hingga kuartal I-2014, Erajaya telah memiliki 469 gerai yang terbagi dalam empat konsep yakni Erafone Mega Store, Erafone Multibrand, Erafone Gadget Store dan Erafone Joint Business. Sementara gerai baru dibuka di Mall Emporium Pluit tadi mengusung konsep yang berbeda lagi.

Selain menambah jalur distribusi, Erajaya juga tengah berusaha melebarkan sayap ke pasar mancanegara. Hal ini ditandai dengan aksi perusahaan ini mengakuisisi perusahaan distributor produk Apple asal negeri jiran, CG Computers SDN Bhd, melalui anak usahanya Erafone Artha Retailindo.  Djatmiko bilang penuntasan transaksi senilai Rp 51,87 miliar ini, paling lambat pada 27 Agustus 2014.

Namun Erajaya belum bisa memproyeksi aksi korporasi ini. Yang jelas,Erajaya megakui ini adalah langkah awal menancapkan bisnis di mancanegara, seperti Myanmar, Vietnam. "Kami ingin fokus menuntaskan aksi korporasi yang ini dulu saja dan fokus ke penjualan domestik saja," kata Djatmiko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×