kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45953,58   0,78   0.08%
  • EMAS1.014.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Fase new normal, KAI minta calon penumpang beli tiket secara online


Jumat, 12 Juni 2020 / 09:56 WIB
Fase new normal, KAI minta calon penumpang beli tiket secara online
ILUSTRASI. Petugas frontliner kereta api


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (KAI) lebih memilih pelayanan penjualan tiket kereta api secara online di tengah masa adaptasi hidup tatanan baru atau new normal. 

Loket yang tersedia di stasiun pun hanya melayani bagi pembelian tiket tiga jam sebelum keberangkatan.

Baca Juga: KA reguler dan jarak jauh mulai beroperasi hari ini, simak daftar stasiun yang dibuka

Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, untuk menghindari adanya kontak fisik selama new normal, maka para pemesan tiket kereta api diharapkan untuk membelinya secara online.

"Bagi masyarakat yang hendak membeli tiket bisa mengunjungi aplikasi KAI Access, situs resmi KAI serta mitra penjualan tiket resmi KAI lainnya," ujar Eva dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Jumat (12/6).

Sedangkan menurutnya, loket hanya difungsikan untuk pembelian go show atau tiga jam sebelum jadwal Keberangkatan di Stasiun Gambir, Pasar Senen dan Jakarta Kota.

Eva menjelaskan, sebelum adanya pandemi Covid-19, biasanya penumpang akan diverifikasi oleh petugas yang melakukan scan tiket. Guna meminimalisir adanya penularan Covid-19, kini para penumpang akan diminta untuk melakukan scan tiket secara mandiri sebelum melakukan perjalanan.

"Penerapan prosedur masa adaptasi new normal bukan hanya ditujukan bagi penumpang saja, akan tetapi para petugas pun turut menjalankannya," katanya.

Semisal ketika melayani pelanggan, para petugas frontliner KAI yang berpotensi kontak jarak dekat dengan penumpang akan dibekali dengan APD berupa masker, sarung tangan dan face shield.

Baca Juga: Harga tiket kereta api jarak jauh non subsidi naik, ini penyebabnya

"Petugas tersebut antara lain petugas loket, customer service, petugas boarding, kondektur, Polsuska, pramugari kereta, dan petugas kebersihan di atas kereta," ujarnya.

Selain itu, Daop 1 Jakarta juga akan menerapkan pedoman new normal untuk angkutan barang. Nantinya akan diterapkan physical distancing di loket pelayanan barang, penyediaan wastafel portabel dan hand sanitizer, menjaga kebersihan fasilitas angkutan barang, memeriksa barang-barang yang akan diangkut secara mendetail, serta mewaspadai setiap kiriman hewan dan atau kiriman lain yang berpotensi membahayakan kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Outlook 2023, Saham Hoki di Tahun Kelinci

[X]
×