Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Hendra Gunawan
JAKARTA. Menyasar pasar secara langsung ke segmen yang spesifik cukup membuat pemasaran akan sebuah produk. Hal serupa juga dilakukan oleh Advan dengan menjadikan FC Barcelona sebagai brand ambassador sejumlah produknya.
"Kami ingin memaksimalkan pasar dibalik 20 juta fans Barca di Indonesia," ujar Tjandra Lianto, Marketing Director Advan, (13/9).
Strategi ini cukup memberikan hasil. Rata-rata produksi Advan segala varian setiap bulannya sebesar 50.000 unit. Dus, produksi Advan setiap tahunnya sebesar 600.000 unit.
"Dari semua produk, porsi penjualan varian Barca sebesar 30%," tandas Tjandra. Jadi, porsi penjualan gadget Advan varian barca setiap tahun sekitar 180.000 unit.
Catatan saja, Advan memiliki kontrak ekslusif dengan menjadikan Barca sebagai brand ambassador selama dua tahun, terhitung sejak tahun lalu hingga tahun ini. Kontrak tersebut memperbolehkan Advan menempelkan label Barca dan aplikasi berupa portal untuk menonton pertandingan Braca melalui beberapa varian produk Advan, baik itu smartphone atau pun tablet.
Tjandra menambahkan, diperpanjang atau tidaknya kontrak tersebut tergantung hasil review yang dilakukan manajemen nanti. Andai tidak diperpanjang, manajemen masih akan menjadikan tim sepakbola sebagai brand ambassador.
"Soalnya, kalau artis sebagai brand ambassador sudah banyak yang pakai, sudah sangat umum," pungkas Tjandra.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News