kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Gara-gara banjir, APPBI DKI perkirakan kunjungan ke pusat perbelanjaan turun 50%


Selasa, 25 Februari 2020 / 21:01 WIB
Gara-gara banjir, APPBI DKI perkirakan kunjungan ke pusat perbelanjaan turun 50%
ILUSTRASI. Pengunjung di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta Barat.

Reporter: Muhammad Julian | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banjir kembali terjadi menyusul hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya sejak Senin (24/2) malam hingga Selasa (25/2). Hal ini rupanya juga turut berdampak pada aktivitas di pusat perbelanjaan.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta Ellen Hidayat memperkirakan jumlah kunjungan ke pusat perbelanjaan di wilayah Jakarta turun sampai dengan 50% dibanding biasanya.

Baca Juga: APPBI: RUU Cipta Kerja bakal bantu investor dari jeratan Pemda

“Bisa dimaklumi karena masyarakat banyak yang sibuk dengan banjir, ada juga yang tidak bisa ke kantor karena tidak bisa keluar dari komplek rumah,” kata Ellen kepada Kontan.co.id (25/02).

Lebih lanjut, Ellen bilang jumlah rata-rata kunjungan ke pusat perbelanjaan di Jakarta berkisar antara 30.000 pengunjung-50.000 pengunjung pada setiap pusat perbelanjaan di hari kerja dalam kondisi normal. Sementara, jumlah rata-rata kunjungan ke pusat perbelanjaan di akhir pekan bisa mencapai 60.000 pengunjung-120.000 pengunjung per pusat perbelanjaan dalam kondisi normal.

“Maka karena (ada) banjir, hanya kurang lebih 15.000 orang rata-rata, ini semua tergantung lagi pada besar kecilnya mall ya,” jelas Ellen kepada Kontan.co.id (25/2).

Meski begitu, ia memastikan hampir semua pusat perbelanjaan di wilayah DKI Jakarta tetap buka dan beroperasi seperti biasa. 

Hanya satu pusat perbelanjaan yang tidak beroperasi pada hari ini yaitu AEON Mall Jakarta Garden City.

Baca Juga: Hippindo: RUU Cipta Kerja memudahkan bisnis dan investasi di saat ekonomi sulit

Untuk diketahui, saat ini APPBI memiliki anggota 83 pengelola pusat perbelanjaan di Jakarta. Sementara itu, jumlah pusat perbelanjaan yang sudah aktif beroperasi pada saat ini sebanyak 81 pusat perbelanjaan dan akan meningkat menjadi 83 pusat perbelanjaan dalam beberapa waktu mendatang.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×