kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Garap pabrik CAP2, Chandra Asri yakin bisa penuhi permintaan yang terus meningkat


Selasa, 10 Agustus 2021 / 17:16 WIB
Garap pabrik CAP2, Chandra Asri yakin bisa penuhi permintaan yang terus meningkat
ILUSTRASI. Kompleks petrokimia terpadu PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (CAP) di Cilegon, Banten, Kamis (19/7). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/pras/18


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) memastikan proyek pabrik baru Chandra Asri Perkasa (CAP) 2 terus berjalan. Untuk memuluskan proyek tersebut, Chandra Asri telah memilih Thai Oil Public Company Limited (Thaioil), kilang Refinery unggulan dari PTT Public Company Limited (PTT), sebagai investor strategis melalui proses yang ketat.

"Thaioil terpilih dengan mempertimbangkan penyelarasan strategis, nilai sinergis, prinsip kemitraan, manajemen dan kesesuaian teknologi," ujar Direktur Sumber daya Manusia dan Urusan Korporat sekaligus Sekretaris Perusahaan Chandra Asri Suryandi, Selasa (10/8).

Secara keseluruhan, Thaioil memiliki kecocokan terkuat dalam pengetahuan teknis dan keahlian di industri ini, termasuk mengenai manajemen, keuangan dan keahlian teknis.

Suryandi mengatakan, CAP dan Thaioil telah menandatangani perjanjian-perjanjian definitif untuk dilanjutkan ke penambahan modal di CAP melalui Penawaran Umum Terbatas yang diajukan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Rights issue ini akan mengikuti persetujuan dari OJK dan diharapkan selesai selambat-lambatnya pada 30 September 2021.

Baca Juga: Bantu tangani Covid-29, Krakatau Steel (KRAS) salurkan 25.438 tabung oksigen gratis

Transaksi ini dilakukan melalui rights issue yang telah ditetapkan oleh regulasi yang berlaku di Indonesia. Dana yang kami kumpulkan melalui righst issue ini akan digunakan untuk pengembangan dan pembangunan kompleks petrokimia terintegrasi skala global kedua di Indonesia (CAP2).

"Dengan kompleks kedua ini diharapkan dapat memenuhi pertumbuhan permintaan domestik Indonesia yang terus meningkat, mendukung visi pemerintah untuk Industri 4.0 dan menciptakan karier jangka panjang yang bernilai tinggi," kata Suryandi.

Pemegang saham utama Chandra Asri yaitu PT. Barito Pacific., Tbk dan SCG Chemicals Co., Ltd (SCG Chemicals) mendukung penuh aksi korporasi untuk menyuntikkan ekuitas ke CAP ini.

Total perkiraan investasi Thaioil yang memperoleh 15% kepemilikan saham di Chandra Asri setelah right issue dan SCG Chemicals yang mempertahankan sekitar 30,57% dari kepemilikan saham di Chandra Asri, mencapai hingga US$ 1,3 miliar.

Baca Juga: Strategi Kemenperin kembangkan industri pertahanan dan keamanan

Transaksi ini masih mensyaratkan persetujuan regulator yang berlaku, termasuk dari OJK dan diharapkan selesai selambat-lambatnya 30 September 2021. Modal US$ 1,3 miliar ini merupakan bagian dari investasi untuk pembiayaan CAP2 yang biaya proyeknya mencapai US$ 5 miliar atau setara sekitar Rp 65,8 triliun.

Tergantung pada Final Investment Decision (FID) untuk CAP2 yang ditargetkan pada tahun 2022, Thaioil dan SCG Chemicals dapat selanjutnya secara kolektif berinvestasi hingga 0,4 miliar dolar AS. "Metode selanjutnya akan ditentukan oleh para pihak dan tetap tunduk pada persetujuan pemegang saham Chandra Asri serta otoritas pemerintah terkait," katanya.




TERBARU

[X]
×