kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Garuda Indonesia (GIAA) akan Angkut 104.172 Calon Jemaah Haji 2023


Kamis, 27 April 2023 / 15:27 WIB
Garuda Indonesia (GIAA) akan Angkut 104.172 Calon Jemaah Haji 2023
ILUSTRASI. Pesawat Garuda Indonesia: Jamaah haji asal Kabupaten Pati turun dari pesawat saat tiba di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah,


Reporter: Aris Nurjani | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) menandatangani kerja sama dengan Kementerian Agama terkait layanan penerbangan calon jemaah Haji di 2023 sedikitnya 104.172 jemaah dari sembilan embarkasi.

Seluruh 104.172 calon jemaah Haji tahun ini akan dibagi ke dalam 287 kelompok terbang (kloter) dan akan diberangkatkan dari sembilan embarkasi yaitu Aceh, Medan, Padang, Jakarta, Solo, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, dan Lombok.

Penandatangan kerja sama Angkutan Udara Jemaah Haji Reguler Indonesia Tahun 1444 Hijriah/2023 M berlangsung pada Rabu (27/4/2023) di Kantor Pusat Kementerian Agama RI, Jakarta Pusat antara Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Hilman Latief dan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji & Umrah Kementerian Agama RI Hilman Latief turut mengucapkan apresiasi kepada Garuda Indonesia yang terus berdiskusi intensif dalam mempersiapkan kesiapan operasional penerbangan haji tahun ini.

Baca Juga: Garuda Indonesia (GIAA) Siapkan 14 Armada Untuk Penerbangan Musim Haji 2023

Garuda Indonesia akan mengangkut jemaah haji regular ke Arab Saudi hingga kembali lagi ke Tanah Air. Total terdapat 104.172 orang yang tergabung dalam 287 kelompok terbang

"Insya Allah, Garuda Indonesia akan memberangkatkan haji regular sebanyak 104.172 yang terdiri dari 9 embarkasi," jelasnya dalam keterangan resminya, (27/4).

Hilman menambahkan, tahun ini terdapat 30% jemaah Indonesia yang berusia diatas usia 65 tahun. Untuk itu, kebijakan pendampingan lansia harus terus ditingkatkan termasuk dukungan penerbangan bagi jemaah lansia.

"Penyedia layanan penerbangan termasuk Garuda Indonesia untuk menghadirkan kemudahan bagi kebutuhan jamaah lansia selaras dengan visi kita bersama memberikan layanan yang inklusif bagi seluruh jamaah haji," ujarnya.

Hilman mengatakan kerja sama yang telah terjalin bertahun tahun ini tentunya perlu terus dioptimalkan khususnya dalam memaksimalkan kesiapan operasional penerbangan haji.

"Serta memastikan berbagai hal krusial dalam aspek operasional dapat termitigasi dengan baik utamanya terkait kenyamanan calon jamaah haji," ungkap Hilman.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, perseroan akan terus memaksimalkan kesiapan operasional penerbangan Haji ini melalui koordinasi intensif dengan berbagai pemangku kepentingan.

Selain itu Garuda Indonesia akan memastikan penerbangan Haji tahun ini dapat berjalan lancar, tepat waktu, dan tentunya mampu memberikan kenyamanan kepada seluruh jemaah.

"Kami juga mengimbau para jemaah untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan secara konsisten untuk memastikan seluruh jemaah dalam keadaan sehat hingga tiba kembali di Tanah Air,” tuturnya.

Baca Juga: Garuda Indonesia Berkolaborasi dengan Produsen Produk Kecantikan Wardah dan Kahf

Irfan mengatakan, tahun ini Garuda Indonesia akan mengoperasikan 14 pesawat yang 7 diantaranya disediakan melalui skema wet lease dengan pihak lessor.

Adapun, dalam musim Haji ini Garuda Indonesia akan mengoperasikan 7 Boeing B777-300, 4 Airbus A330-300, 3  Airbus A330-900.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×