kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45945,18   -11,94   -1.25%
  • EMAS977.000 -1,21%
  • RD.SAHAM -1.34%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Gelontorkan Rp 120,5 Miliar, PLN Operasikan Jaringan Transmisi di Sumatra Barat


Senin, 07 Maret 2022 / 09:58 WIB
Gelontorkan Rp 120,5 Miliar, PLN Operasikan Jaringan Transmisi di Sumatra Barat
ILUSTRASI. Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan infrastruktur gardu induk dan tranmisi PT PLN (persero) di Desa Lam Puja, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Rabu (26/1/2022). Gelontorkan Rp 120,5 M, PLN Operasikan Jaringan Transmisi di Sumbar.


Reporter: Filemon Agung | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) resmi mengoperasikan Jaringan Transmisi 150 kV Pasaman - Simpang Empat dan Gardu Induk (GI) 150 kV Simpang Empat pada Jumat (4/3).

PLN mengucurkan setidaknya Rp 120,5 miliar untuk pembangunan Gardu Induk dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) ini.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sumatra Bagian Tengah (PLN UIP Sumbagteng) Alland Asqolani mengungkapkan, dengan beroperasinya Line 2 ini, keandalan Transmisi 150 kV Pasaman - Simpang Empat menjadi semakin baik, dimana Line 1 GSW (Ground Steel Wire) telah berhasil dioperasikan pada 3 Januari 2022. 

Dengan penambahan 60 MVA dari Gardu Induk 150 kV Pasaman, saat ini total kapasitas Gardu Induk terpasang di Sumatra Barat menjadi 1.464 MVA dan diharapkan dapat menopang pemenuhan target Proyeksi Penjualan Tenaga Listrik di Sumatra Barat untuk tahun 2022 sebesar 3.814 GWh, atau tumbuh sekitar 6,32%.  

Baca Juga: Sky Energy Indonesia (JSKY) Bidik Penjualan PLTS untuk Perusahaan Manufaktur

"Pembangunan GI dan SUTT ini memiliki nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 79,81% dengan nilai investasi Rp 120,5 miliar," kata Alland dalam keterangan resmi, Minggu (6/3).

Menurutnya, pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini juga untuk melaksanakan ekspansi penjualan sehubungan dengan peningkatan iklim investasi daerah dan untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik di Sumatra Barat. 

Alland  berharap dengan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang telah dilaksanakan di wilayah Sumbar ini dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat dan dapat meningkatkan roda perekonomian sehingga tujuan pembangunan yang berkelanjutan dapat dicapai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×