kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,09   -2,45   -0.27%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Genjot Kinerja, Apexindo Pratama Duta (APEX) Maksimalkan Utilisasi Armada


Rabu, 31 Mei 2023 / 19:25 WIB
Genjot Kinerja, Apexindo Pratama Duta (APEX) Maksimalkan Utilisasi Armada
ILUSTRASI. Perusahaan kontraktor pertambangan migas, PT Apexindo Pratama Duta Tbk atau APEX yang sudah siapkan strategi untuk kerek kinerja di 2023


Reporter: Vina Elvira | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Apexindo Pratama Duta Tbk (APEX) menjalankan sejumlah strategi untuk mendorong kinerjanya di sisa tahun ini. Harapannya, akan ada perbaikan baik dari sisi pendapatan maupun utilisasi sampai akhir tahun 2023.

Sebagai gambaran, pendapatan APEX di kuartal I-2023 menurun 35,41% year on year (YoY) menjadi  US$ 15,57 juta. Sedangkan di periode yang sama tahun lalu, pendapatan APEX tercatat mencapai  US$ 24,1 juta.

Penurunan kinerja pendapatan tersebut disebabkan karena turunnya utilisasi rig lepas pantai/offshore dibandingkan posisi yang sama tahun lalu.  

Corporate Secretary Apexindo Pratama Duta Frieda Salvantina memaparkan bahwa di samping terus mendorong peningkatan utilisasi armada, Perseroan juga berusaha mendapatkan kontrak untuk rig yang masih idle, baik di rig lepas pantai maupun unit rig darat.

Selain itu, efisiensi biaya juga tetap dijalankan perseroan untuk menjaga kinerja keuangan APEX di tahun 2023.

“Strategi Perseroan untuk menjaga kinerja di tahun ini  adalah melakukan pengendalian biaya dengan tetap menjaga standar operasional yang tinggi,” ungkap Frieda, kepada Kontan.co.id, Selasa (30/5).

Baca Juga: Ditopang Utilisasi Rig, Apexindo Pratama Yakin Kinerja Tahun Ini Lebih Baik

APEX juga optimistis kinerja di kuartal-kuartal berikutnya akan membaik dibandingkan kuartal pertama lalu. Hal ini dikarenakan 3 rig lepas pantai Perseroan, yaitu Rig Raisis, Rig Yani dan Rig Tasha, masih akan melanjutkan program pengeboran dengan klien masing-masing, yang sudah dimulai padai tahun 2021.

Selain itu, satu rig darat Apexindo Pratama Duta, yaitu Rig 9 saat ini sedang mengerjakan pengeboran panas bumi dari PGE Ulubelu dan satu rig darat lainnya sedang dalam proses reaktivasi untuk memulai kontrak.

“Semoga semua kegiatan operasional rig-rig perseroan berjalan aman dan lancar,” lanjutnya.

Manajemen APEX tidak membeberkan berapa alokasi belanja modal atau capital expenditure (capex) yang dianggarkan tahun ini. Hanya saja dia menuturkan bahwa dana capex 2023 dialokasikan untuk perawatan rutin rig-rig lepas pantai Apexindo Pratama Duta dan juga alokasi untuk reaktivasi rig-rig darat lainnya jika ada kontrak/pekerjaan yang cocok.

Per Maret 2023, APEX tercatat meraup laba bersih mencapai US$ 1,03 juta. Angka ini meningkat 37,5% YoY dibandingkan laba bersih pada periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat US$ 752,73 ribu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×