kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Geo Energy Resources berencana catatkan saham di Bursa Efek Hong Kong


Kamis, 20 September 2018 / 17:35 WIB
Geo Energy Resources berencana catatkan saham di Bursa Efek Hong Kong
ILUSTRASI. Hong Kong Exchanges


Reporter: Grace Olivia | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. PT Geo Energy Resources berencana melakukan pencatatan saham ganda (dual listing) di Bursa Saham Hong Kong (HKEx). Perusahaan batubara yang juga tercatat di Bursa Efek Singapura (SGX) ini berniat memanfaatkan basis investor yang lebih luas dan menjangkau pasar Hong Kong yang notabene lebih dekat dengan dataran China, eksportir terbesar batubara di dunia.

Rencana Geo Energy Sources tersebut, seperti dilansir oleh situs Deal Street Asia, dinilai dapat memperluas dan mendiversifikasi basis pemegang saham perusahaan, membangun kehadiran investor yang lebih kuat di pasar China dan Hong Kong, serta meningkatka profil maupun likuiditas saham perusahaan. Direktur Eksekutif Geo Energy Charles Antonny Melati mengatakan, China merupakan konsumen batubara termal terbesar di dunia dengan total impor 72,3 juta ton batubara 4.200 GAR sepanjang tahun 2017 lalu.

Geo Energy sendiri, menurut Charles, telah menangkap lebih dari 10% pasar tersebut pada tahun lalu. Seiring dengan meningkatnya volume produksi, Charles berharap perusahaan juga dapat meningkatkan penjualan ke China.

"Dual listing di HKEx akan memungkinkan kami meningkatkan profil perusahaan ke posisi internasional. Kami berharap langkah ini dapat membuka peluang bisnis yang lebih besar di China serta akses ke pasar modal Hong Kong, ” ujar Charles, Kamis (20/9) seperti dikutip Deal Street Asia.

Dalam pernyataan perusahaan, belum dapat dipastikan apakah pencatatan saham di Bursa Hong Kong akan melibatkan penawaran saham baru atau tidak. Adapun, Geo Energy telah menunjuk Guosen Securities untuk bertindak sebagai sponsor tunggal, koordinator global, book-runner, dan manajer utama perusahaan yang berkaitan dengan potensi pencatatan.

Asal tahu saja, Geo energy Resources merupakan perusahaan tambang batubara yang telah berdiri sejak 2008 dan berkantor di Singapura maupun Jakarta. Pertambangan dan produksi Geo Energy berbasis di Kalimantan, Indonesia. Berdasarkan target produksi tahunan untuk 2019, Geo Energy akan menjadi salah satu produsen batubara utama di Indonesia dengan pangsa 5% dari total ekspor batubara domestik.

Selain itu, perusahaan resmi tercatat di Bursa Efek Singapura pada tahun 2012 dan masuk dalam FTSE Indeks Singapura. Tahun 2016, Geo energy mendivestasi bisnisnya di sektor jasa dan fokus pada produksi batubara.

“Kami percaya bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengeksplorasi dual listing di HKEx mengingat tambang batubara kami terus meningkatkan produksi. Kami juga mengeksplorasi merger dan akuisisi untuk memperoleh aset batubara baru seiring memperluas bisnis kami lebih lanjut,” tandas CEO Geo Energy Tung Kum Hon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×