kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.342.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

GIIAS 2024 Siap Digelar, 40 Model Kendaraan Anyar Bakal Ditampilkan


Kamis, 13 Juni 2024 / 07:50 WIB
GIIAS 2024 Siap Digelar, 40 Model Kendaraan Anyar Bakal Ditampilkan
ILUSTRASI. GIIAS 2024 siap digelar pada bulan Juli mendatang


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Harapan pemulihan pasar otomotif nasional jelas masih terbuka. Salah satu pemicunya adalah kehadiran pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 pada Juli nanti yang bakal dibanjiri oleh sejumlah model baru, termasuk di segmen mobil listrik.

Ketua III Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Rizwan Alamsjah menyampaikan, pihaknya memastikan tetap mempertahankan target penjualan mobil nasional di level 1,1 juta unit pada 2024. Gaikindo percaya tren perlambatan penjualan mobil di Tanah Air akan segera berakhir.

Ajang GIIAS 2024 akan menjadi pemicu kenaikan penjualan mobil, mengingat terdapat 55 merek kendaraan bermotor yang berpartisipasi dalam pameran otomotif tahunan tersebut. Dari situ, 31 merek di antaranya adalah kendaraan penumpang dari berbagai negara seperti Jepang, Korea Selatan, China, hingga Eropa.

Bahkan, ada beberapa merek otomotif yang menjadi pendatang baru dan baru pertama kali ikut pameran GIIAS.

Lebih jauh, bakal ada 40 model kendaraan baru yang akan diperkenalkan saat GIIAS 2024 nanti, termasuk mobil listrik yang popularitasnya semakin meningkat. “Kontribusi penjualan mobil listrik baru sekitar 1%, tapi produk ini terus berkembang di Indonesia,” kata Rizwan kepada awak media, Rabu (12/6).

Baca Juga: Hyundai Hadirkan 86 Unit Mobil Listrik Sebagai Kendaraan Resmi World Water Forum 2024

Deretan Mobil Baru

GAC Aion menjadi salah satu debutan pada ajang GIIAS 2024. Merek asal China ini akan membawa model mobil listrik yaitu GAC Aion Hyper GT dan GAC Aion Y Plus. Khusus untuk Y Plus, model ini akan diluncurkan lebih awal yakni pada 19 Juni mendatang.

“Kami melihat pasar mobil listrik di Indonesia sangat potensial,” imbuh Valdo Prahara, Marketing Communication & Public Relation GAC Aion dalam konferensi pers, Rabu (12/6).

Sekadar pengingat, GAC Aion masuk ke Indonesia melalui Grup Indomobil pada awal 2024. Secara global, GAC Aion mencatatkan penjualan mobil lebih dari 480.000 unit pada 2023. Sebelum ke Indonesia, GAC Aion telah hadir di beberapa negara Asia Tenggara lainnya seperti Thailand, Malaysia, Vietnam, Singapura, Kamboja, dan Filipina.

Selain GAC Aion, merek asal China lainnya yaitu Neta juga hendak melucurkan mobil listrik baru di segmen SUV pada GIIAS 2024. Sayangnya, belum ada keterangan nama dan spesifikasi model baru tersebut.

“Kami juga akan memamerkan Neta V-II yang belum lama ini diluncurkan dan Neta GT,” kata Brand PR & Digital Senior Manager Neta Auto Indonesia Frietz Frederick Roboth, Rabu (12/6).

Asal tahu saja, Neta V-II sudah lebih dulu dirilis pada ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024. Ini merupakan model pertama Neta yang diproduksi langsung di Indonesia. Adapun Neta GT merupakan mobil listrik sport milik Neta yang pernah dipamerkan bulan Mei lalu, namun belum ada rencana dari Neta untuk menjual mobil tersebut secara komersial di Indonesia.

Merek asal Korea Selatan, Hyundai juga akan memperkenalkan model baru saat GIIAS 2024. Hanya saja, Hyundai masih merahasiakan detail model baru tersebut. Belum bisa dipastikan model baru tersebut berupa mobil listrik atau mobil berbasis internal combustion engine (ICE).

Baca Juga: Indomobil Sukses Internasional (IMAS) Terus Menambah Merek Mobil Baru

Namun, belakangan ini Hyundai diisukan akan segera meluncurkan All New Kona Electric sebagai mobil listrik kedua mereka yang diproduksi di Indonesia.

Lebih lanjut, ada KIA yang akan meluncurkan empat model baru pada GIIAS 2024, yang mana dua di antaranya adalah mobil listrik. Senada, KIA belum membocorkan spesifikasi model baru tersebut sampai hari peluncuran tiba.

“Dua model ini akan melengkapi line up mobil listrik KIA di Indonesia,” kata Product Planning Supervisor PT Kreta Indo Artha (KIA) Muhammad Ikbal, Rabu (12/6).

Sebelumnya, KIA telah menjual dua model mobil listrik premium di Tanah Air yaitu KIA EV6 dan KIA EV9.

Sementara itu, Lexus sebagai merek asal Jepang yang terafiliasi dengan Toyota turut berencana merilis mobil listrik baru pada GIIAS 2024. Tidak hanya itu, pada ajang yang sama Lexus juga akan menampilkan produk konsep di kategori mobil listrik sport.

Baca Juga: BI Rate Naik, Hyundai Berharap Pemerintah Kembali Beri Insentif PPnBM Kendaraan

Di sisi lain, Toyota juga berencana merilis dua mobil berbasis elektrifikasi pada pameran tersebut. Belum diketahui model tersebut merupakan produk mobil listrik atau hybrid. “Salah satu model baru elektrifikasi ini berasal dari model legendaris Toyota yang sudah terkenal di seluruh dunia,” jelas Arie Hermawan, Public Relations Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Rabu (12/6).

Merujuk paparan yang ditampilkan TAM, tampak bahwa calon model baru Toyota merupakan mobil sedan. Toyota juga menyematkan tagline Beyond Zero pada model tersebuttr

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×