Sumber: www.dnaindia.com |
Godrej Consumer Products (GCPL) telah mengumumkan bahwa pihaknya telah setuju untuk mengakuisisi perusahaan Indonesia, yaitu Megasari Makmur Group.
Akuisisi ini cukup strategis bagi Gogrej karena sesuai dengan strategi perusahaan yang mengacu pada 3-by-3 strategy. Yaitu, bisnis yang bertujuan untuk menguasai tiga kontinen sekaligus, Asia, Afrika dan Amerika Latin. Sedangkan tiga bisnis utama yang digelindingkan adalah home care, personal wash dan hair care.
Megasari merupakan perusahaan yang memproduksi sekaligus mendistribusikan household insecticides, wet tissues dan air fresheners. Revenue yang dibukukan Megasari tahun lalu besarnya US$120 juta dengan tingkat pertumbuhan 20% dari tahun sebelumnya. Dengan adanya akuisisi ini, maka revenue konsolidasi GCPL bertambah 25%.
Megasari menguasai pasar household insecticides sebesar 35% atau senilai US$ 150 juta di Indonesia pada tahun 2009 lalu. Megasari juga memimpin pasar di wipes category dengan penguasaan pasar sebesar 80% di tahun 2009.
Akuisisi ini akan makin menancapkan kuku Godrej di Indonesia. Mereka akan menggabungkan produk Megasari dengan Sara Lee milik Godrej.
"Dengan akuisisi ini, maka Godrej menjadi perusahaan household insecticide nomor 2 di Asia, tidak termasuk Jepang," kata Latika Chopra dari J P Morgan.
Sayangnya, Godrej enggan berkomentar mengenai hal ini. Hanya saja, analis memprediksikan nilai transaksi dari akuisisi ini sekitar US$ 250-300 juta. Untuk membungkus Megasari ini, Godrej mengongkosinya dengan utang.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News