kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gojek akan ekspansi ke Vietnam dan Singapura karena pasarnya memang ada


Selasa, 13 Juli 2021 / 14:53 WIB
Gojek akan ekspansi ke Vietnam dan Singapura karena pasarnya memang ada
ILUSTRASI. Setelah menggandeng AirAsia group di Thailand, Gojek kini berniat menggarap pasar Vietnam dan Singapura.


Reporter: Amanda Christabel | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah menggandeng AirAsia group di Thailand, Gojek kini berniat mengarap pasar Vietnam dan Singapura untuk pengembangan bisnis di regional ASEAN. Kepala Ekonom PT Bank Central Asia Tbk (BCA) David Sumual menilai, Gojek yang saat ini memiliki kolaborasi dengan Tokopedia bernama GoTo sedang dalam upaya memperluas ekosistem digital hingga taraf ASEAN.

“Diperlukan fokus yang maksimal untuk memperdalam potensi di Vietnam dan Singapura. Jadi memang sepertinya Gojek melihat fokus di dua negara itu dulu karena mereka lihat pasarnya ada,” ujar David dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Selasa (13/7).

Di Singapura, GoTo berpotensi memaksimalkan layanan antar-jemput barang (logistik) dan makanan. Sedangkan di Vietnam, Gojek bisa memaksimalkan layanan seperti di Indonesia.

Baca Juga: Pesatnya bisnis teknologi digital menelurkan sejumlah miliarder baru di Indonesia

Secara kultur, kata David, Vietnam memiliki kedekatan dengan moda transportasi motor sehingga masyarakat mudah menggunakan Gojek untuk sarana transportasi. Selain itu populasi motor di Vietnam terbesar kedua di ASEAN.

“Supaya brand Indonesia di luar bisa lebih dikenal. Selama ini usahawan Indonesia jarang yang melakukan ekspansi keluar, jadi kita perbankan sulit juga untuk ekspansi ke luar negeri. Memang persaingan di luar negeri sulit, tapi saya lihat investornya Gojek masih percaya dengan kinerja perusahaan untuk bisa berkembang lebih luas lagi,” kata David.

Sebelumnya, CEO Gojek Kevin Aluwi menyebutkan, Vietnam dan Singapura akan menjadi sentra pertumbuhan yang kuat untuk bisnis Gojek ke depan. Gojek akan menjalankan sejumlah inisiatif untuk meningkatkan jumlah mitra driver dan mitra merchant, meningkatkan pengalaman pelanggan, serta meluncurkan produk dan layanan baru.

Selanjutnya: Indef: Langkah Gojek gandeng AirAsia di Thailand perkuat eksistensi di pasar Asean

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×