Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Adi Wikanto
Jakarta. Pasar e-commerce terus menggeliat. Bahkan, pada Desember esok diperkirakan masa puncaknya bisnis e-commerce tahun ini.
Henky Prihatna Country Industry Head Google Inc menilai periode ramadhan dan Lebaran merupakan momentum memasuki permintaan tinggi di pasar e-commerce. Meskipun demikian, menurutnya, terdapat penurunan setelah lebaran.
Namun, permintaan akan kembali naik kembali dan puncaknya ada di akhir tahun. ”Puncaknya 2016 Desember. Trennya menarik, banyak orang belanja online. Saya sudah lihat 5 tahun terakhir online shooping festival, dan lain-lain seperti itu,” kata Henky di Kantor Google Indonesia, Jakarta, Kamis (18/11)
Dia mengatakan, banyak konsumen yang mulai beralih ke online. Biasanya, konsumen mulai mempersiapkan jauh-jauh hari sebelum membeli sesuatu. ”Misal cari handphone terbaru, mereka sudah cari tahu. Tapi belum detail. Ini masih tahap research. Saat hari H nya, sudah mulai cari toko dan belinya dimana,” terangnya.
Oleh karena itu, bagi para marketer e-commerce disarankan agar menyiapkan directory sebaik mungkin. Misalnya dari pengelolaan website yang mudah dipahami sampai menyiasati suatu brand di mesin pencarian. ”Ini karena konsumen sudah cari jauh-jauh hari, maka sebelumnya pedagang sudah siapkan produk dan inventory. Jadi awareness sudah ada,” ungkapnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News