kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Grab Nebeng, biaya ngantor semakin irit


Rabu, 19 Oktober 2016 / 18:09 WIB
Grab Nebeng, biaya ngantor semakin irit


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. Perusahaan transportasi berbasis online, Grab Indonesia meluncurkan layanan baru dengan Grabhitch Nebeng. Ini merupakan layanan dimana masyarakat pemilik kendaraan roda dua yang bisa memberikan tebengan kepada orang lain yang memiliki tujuan sama dalam perjalanan.

Layanan door-to-door ini hanya berlaku bagi para pekerja di Jakarta yang tempat tinggalnya berada di wilayah pinggiran Jakarta seperti Bekasi, Tangerang, Depok dan lain -lain. "Grabhitch Nebeng bisa mengurangi kemacetan di Jakarta dan memberikan benefit bagi pengemudi dan penumpang berupa pengurangan biaya transportasi," kata Ridzki Karmadibrata, Direktur Pelaksana Grab Indonesia, Rabu (19/10).

Selama ini banyak komuter yang menggunakan layanan berbiaya rendah seperti bus dan kereta, namun mereka harus berganti layanan beberapa kali untuk mencapai tempat tujuan. Oleh karena itu, Ridzki bilang, GrabHitch Nebeng merupakan layanan yang tepat bagi penumpang yang menginginkan perjalanan jarak jauh door-to-door dengan biaya lebih terjangkau di antara bus atau kereta dan taksi pada umumnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sebanyak 1,38 juta orang yang melakukan perjalanan setiap hari dari pinggiran Jakarta ke pusat kota. Sekitar 70% dari angka tersebut masuk ke Jakarta menggunakan kendaraaan pribadi. Sementara lebih dari 50% dari penggunaan kendaaraan pribadi tersebut memakai sepeda motor.

Itu sebabnya, Grab Indonesia melihat potensi pasar GrabHitch ini sangat besar. Ridzki berharap pihaknya bisa menjaring 200.000 komuter di Jakarta menggunakan layanan tersebut.

Adapun biaya yang dikenakan layanan baru ini mulai dari Rp 1.000 per kilometer untuk jarak lebih dari 15 km. Sementara minimum biaya pembayaran sebesar Rp 20.000. Untuk periode 19-26 Oktober 2016, Grab masih memberikan tarif promo dengan potongan sebesar Rp 5.000. Namun, konsumen harus memasukan kode promo GRABHITCHNEBENG bagi yang memesan layanan ini.

Jadi bagi masyarakat yang tinggal di pinggiran Jakarta tapi bekerja ke Jakarta yang setiap harinya berangkat menggunakan sepeda motor bisa mencoba menggunakan aplikasi ini. Selain bisa menambah uang bensin, bisa juga mendapatkan kenalan baru. Caranya tinggal daftar saja ke grab, tunggu konfirmasi jadi pengemudi, buat info perjalanan setiap hari.

Sementara bagi penumpang, bagikan detail perjalanan anda mulai dari waktu, lokasi dan tujuan perjalanan. Lalu tekan permintaan nebeng dan Grab akan mencaraio pengemudi yang mempuyai tujuan yang sama dengan anda. Penjadwalan bisa dilakukan 7 hari hingga 30 menit sebelum perjalanan dimulai.

Ridzki mengatakan, untuk menjamin keamanan penumpang, seluruh pengemudi GrabHitch dan kendaraannya akan dicek dan diverifikasi oleh pihak Grab sebelum mereka diperbolehkan untuk membawa penumpang. Mereka diwajiban untuk menyediakan dokumen-dokumen sah, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM) hingga Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Tim Grab juga akan melakukan pengecekan informasi pelanggaran apapun yang akan membahayakan penumpangnya. Untuk membantu membentuk komunitas berbagi tumpangan di Jakarta, pengemudi dan penumpang GrabHitch (Nebeng) akan diminta untuk log in ke akun Facebook mereka sebelum menggunakan layanan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×