kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Groupon: Pasar e-commerce semakin luas


Senin, 24 November 2014 / 18:47 WIB
Groupon: Pasar e-commerce semakin luas
ILUSTRASI. Promo Pizza Hut Delivery Kamis Manis edisi terbatas 8 Juni 2023


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Bisnis e-commerce atau  jual beli online semakin semarak di Indonesia. Potensi bisnis jual beli online ini pun semakin besar takkala pengguna ponsel pintar atau smartphone semakin meningkat.  

CEO & Country Head Groupon Indonesia Indrasto Budisantoso mengatakan, terdapat sekitar 60 juta smartphone yang ada di Indonesia saat ini dan jumlahnya akan meningkat terus menjadi 100 juta ponsel pintar pada 2017 mendatang.

Sementara itu, dari sisi pengguna smartphone sendiri saat ini sudah mencapai sekitar 24% dan diperkirakan akan terus meningkat hingga mencapai 40% atau menjadi 74,8 juta pemilik smartphone pada 2015 mendatang. "Angka-angka ini merupakan angka konservatif. Kami optimis angka-angka ini akan bergerak lebih cepat lagi karena harga smartphone jauh lebih murah lagi ke depannya,"ujar Indrasto Senin (24/11).

Berdasarkan data tersebut, Indrasto pun menyebut pengguna e-commerce melalui ponsel semakin meningkat daripada melalui desktop. Groupon sendiri telah mencatat adanya pergeseran dari pelanggan yang mengakses melalui desktop dan ponsel terutama pada hari libur.

"Pengguna layanan yang mengakses melalui ponsel lebih banyak dibandingkan melalui dekstop hingga mencapai lebih dari 50% pada tahun ini. Ke depannya persentase akses dari mobile akan lebih tinggi lagi dan akses melalui desktop akan semakin berkurang,"ujarnya. 

Akses melalui mobile memang memiliki lebih banyak peluang karena pengguna mobile memiliki jam aktif yang lebih tinggi dibandingkan pengguna desktop. Untuk itu, Groupon pun akan kembali meluncurkan aplikasi Android pekan depan. Aplikasi Android yang baru ini merupakan versi terbaru dari aplikasi Android yang pernah diluncurkan sebelumnya.

Dengan adanya aplikasi versi terbaru tersebut, Groupon berharap pengguna layanan melalui mobile akan jauh lebih tinggi dan pada akhrinya bisa mendongkrak penjualan. "Pada 2015 sudah hampir dipastikan akses melalu mobile bisa lebih besar lagi. User mobile akan lebih tinggi lagi dan efek kepada penjualannya akan lebih positif, penjualan akan meningkat,"kata Indrasto optimis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×