kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Grup MIND ID Fasilitasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya


Rabu, 22 November 2023 / 14:58 WIB
Grup MIND ID Fasilitasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya
ILUSTRASI. Grup MIND ID fasilitasi pembangkit listrik tenaga surya


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Jane Aprilyani

KONTAN.CO.ID - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia realisasikan kontribusinya dalam pengembangan energi terbarukan di Indonesia. Aksi korporasi ini merupakan bagian dari pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan dibawah naungan Badan Usaha Milik egara (BUMN). Salah satu program sosial yang dilakukan Grup MIND ID yakni pembangunan fasilitas pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atau yang dikenal dengan sebutan panel surya.

Anggota Grup MIND ID, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) berhasil mewujudkan pembangunan berkelanjutan melalui program elektrifikasi meliputi pemasangan panel surya atap di 11 rumah di Dusun Sigalapang, Desa Meranti Timur.

Bantuan hibah pemasangan PLTS tersebut diawali dengan survei bertahap terhadap 28 rumah warga di Desa Meranti Timur. Hasilnya terdapat 11 rumah yang memenuhi prasyarat untuk diberikan bantuan pemasangan panel surya. Inalum pun melakukan serangkaian sosialisasi pelatihan dan perawatan instalasi listrik panel surya.

Selain itu, ada pula anggota Grup MIND ID yakni PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yang memberikan bantuan berupa pemasangan PLTS untuk irigasi pertanian di Kampung Rejosari Mataram, Kecamayan Seputih Mataram, Kabupaten Lampung Tengah.

Baca Juga: Kondisi Keuangan MIND ID Perlu Diperhatikan Terkait Divestasi 10% Saham Freeport

PLTS Irigasi berkapasitas 52,8 kilowatt peak (kWp) tersebut dibangun PTBA pada Oktober 2022 dan rampung pada Februari 2023. Listrik yang dihasilkan panel surya tersebut menjadi sumber energi bagi pompa irigasi yang menyedot air sungai dan didistribusikan ke sawah warga.

Petani penerima manfaat adanya PLTS irigasi buatan PTBA tersebut mencapai 267 petani yang menggarap lahan seluas 175 hektar. Sebelum adanya PLTS irigasi, petani hanya bisa panen sekali saja dalam setahun karena tipikal lahan pesawahan adalah sawah tadah hujan atau mengandalkan air di musim hujan. Namun kini, petani bisa panen antara 2 sampai 3 kali dalam setahun.

PTBA juta tercatat sudah membangun PLTS irigasi di lima lokasi lainnya meliputi Talawi Mudik (Sawahlunto, Sumatera Barat), Trimulyo (Pesawaran, Lampung), Tanjung Raja (Muara Enim, Sumatera Selatan), Karang Raja (Muara Enim, Sumatera Selatan), dan Nanjungan (Lahat, Sumatera Selatan). Total kapasitas PLTS irigasi yang sudah dibangun PTBA mencapai 192 kWp.

“Ini merupakan bagian dari program pembangunan berkelanjutan Grup MIND ID, salah satunya melalui PTBA yang mendorong adanya upaya pemanfaatan energi terbarukan melalui panel surya irigasi,” ucap Sekretaris Perusahaan BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, Heri Yusuf dalam keterangan yang diterima KONTAN, Rabu (22/11).

Adapula PT Aneka Tambang Tbk (Antam) yang melalui Unit Bisnis Pertambangan Bauksit Kalimantan Barat yang membiayai pemasangan panel surya untuk penerangan di Desa Subah, Kecamatan Tayan Hilir tempat berdirinya Kampung Wisata Danau Laet.

Selain itu, PT Antam pun membantu pembangunan PLTS di wilayah Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Program elektrifikasi tersebut dilakukan di Kampung Wisata Danau Laet dengan rincian sebanyak 40 lampu di Polindes Desa Sebemban, Kecamatan Tayan Hilir, juga Rumah Etang Nek Bindang, Kecamatan Toba masing-masing satu paket PLTS.

“Grup MIND ID terus berupaya mencapai SDGs (Sustainable Development Goals) poin 7 yakni menjamin akses energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, dan modern untuk semua. Kemudian SDGs poin 8, yaitu menciptakan pekerjaan layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi. MIND ID berkomitmen memberikan nilai lebih untuk Indonesia,” katanya.

Baca Juga: MIND ID Bersiap Jadi Pengendali Vale Indonesia (INCO) Usai Divestasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×