kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Gudang Garam targetkan pengerjaan Bandara Dhoho Kediri rampung di 2022


Selasa, 10 Maret 2020 / 19:25 WIB
Gudang Garam targetkan pengerjaan Bandara Dhoho Kediri rampung di 2022
ILUSTRASI. Pekerja beraktivitas di proyek pembangunan jalan sebagai jalur utama menuju lokasi pembangunan bandara di Desa Bulusari, Kediri, Jawa Timur, Kamis (5/3/2020). Pembangunan jalan tersebut untuk mengejar target groundbreaking pembangunan bandara pada April 2

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembangunan Bandara Dhoho Kediri di Jawa Timur diharapkan memulai konstruksi pada pertengahan April mendatang ditandai peletakan batu pertama (groundbreaking). Proyek tersebut diharapkan mampu selesai dalam waktu dua tahun.

Direktur PT Gudang Garam Tbk Istata T. Siddharta menyebutkan dalam persiapan groundbreaking dalam waktu beberapa hari pihaknya bakal menyelesaikan pembebasan lahan. Menurutnya, saat ini lahan yang belum terbebaskan tersisa kurang dari 1% saja atau setara 2 ha dari total lahan bandara yang hampir 400 ha.

Baca Juga: Gudang Garam gandeng AP I bangun Bandara Dhoho di Kediri senilai Rp 9 triliun

"Lahan hampir 100% dan karena itu merupakan proyek PSN jadi masyarakat setempat turut membantu sehingga hampir tuntas semua dalam beberapa hari ke depan," ujarnya di Jakarta, Selasa (10/3).

Usai hal tersebut, pihaknya berencana melakukan groundbreaking pada 15 April mendatang dengan target selesai pada 2022. Walau begitu, Istata mengakui bahwa target tersebut dapat berubah lantaran medannya tidak mudah.

Adapun untuk proyek tersebut, ia menyebut bakal menggelontorkan investasi mencapai Rp 9 triliun. Menurutnya, dana tersebut akan berasal dari arus kas internal perseroan.

Untuk kebutuhan dana tahun ini, Istata mengakui belum bisa memastikan kebutuhan dana konstruksi tahun ini berapa besar lantaran masih mengerjakan detil kebutuhannya. "Hanya saja saya yakin keperluan dana di tahun ini akan bisa tertutupi dari dana internal," tuturnya.

Baca Juga: Modernland akan luncurkan produk ruko di Kota Modern yang dikembangkan

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi menambahkan dalam perencanaan, proyek tersebut bakal dibangun seluas 26.350 m2 yang mana diharapkan dapat menampung 5 juta penumpang dalam tiga tahun mendatang. Sementara landasan pacu disiapkan mencapai 3.300 m2 sehingga pesawat besar dapat mendarat di bandara tersebut.

Namun, untuk tahap pertama Bandara Dhoho Kediri akan dibangun seluas 13.558 m2 dari luas total lahan bandara hampir 400 ha dengan dimensi runway 2400 m x 45 m untuk kapasitas 1,5 juta penumpang per tahun. "Mudah-mudahan dalam tiga tahun mendatang dapat mengatasi lack of capacity," tuturnya.





Close [X]
×