kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.025,63   -7,01   -0.68%
  • EMAS932.000 -0,96%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Hadapi Era Digital, BRIN Dekatkan Generasi Muda Terhadap Aktivitas Riset dan Inovasi


Jumat, 23 September 2022 / 17:12 WIB
Hadapi Era Digital, BRIN Dekatkan Generasi Muda Terhadap Aktivitas Riset dan Inovasi
ILUSTRASI. Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko mengikuti Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (22/9/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hasil riset dan inovasi yang tidak dihilirisasi atau dikomersialkan tidak akan bermakna apa-apa. Pasalnya, tujuan akhir dari riset dan inovasi itu sendiri harus bisa membawa manfaat bagi masyarakat dan pada akhirnya menggerakkan ekonomi terutama di era digital. 

Oleh karena itu, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan mendorong agar hasil riset dan inovasi karya anak bangsa bisa dikomersialkan. Salah satunya dengan menghelat pameran riset dan inovasi Indonesia atau Indonesia Reserach and Inovation Expo (Inarie) pada 27-30 Oktober 2022.

Kepala BRIN Lasana Tri Handoko mengatakan, lewat pameran itu, pihaknya ingin menunjukkan ke masyarakat dan memberikan inspirasi, khususnya kepada para generasi muda dalam melakukan inovasi dalam menghadapi era digital.

"Sehingga generasi muda dapat lebih inovatif, berkreasi, dan lebih dekat dengan aktivitas riset," kata Handoko dalam keterangannya, Jumat (23/9).

Baca Juga: Kucurkan US$ 850 Juta, PLN Mulai Konstruksi PLTA Cisokan

Inarie 2022 akan menampilkan karya inovasi yang meliputi bidang pangan dan pertanian, kesehatan dan obat, transportasi, teknologi informasi dan komunikasi, energi material maju, pertahanan dan keamanan, kemaritiman, penanggulan bencana dan sosial budaya. 

Ia menambahkan, Inarie akan menjadi ruang ekspresi dan apresiasi bagi para periset, inovator, dan inventor seluruh Indonesia, khususnya yang telah berhasil memberikan kontribusi bagi masyarakat dan negara Indonesia. 

Plt Deputi Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN, R. Hendrian menekankan, perhelatan ini akan memberikan pengalaman dan pengetahuan kepada para pengunjung, pelaku riset, pegiat teknologi, inovator, media massa, dan tentu saja masyarakat Indonesia pada umumnya. 

Lebih jauh lagi, Inarie 2022 ingin berperan sebagai katalis yang tidak hanya mempromosikan, namun merajut kerja sama mutualisme bagi semua institusi pendidikan, Industri.

“Dalam Inarie, bukan hanya periset BRIN saja yang akan menampilkan teknologi tapi juga UMKM yang kita bina karena ini adalah bagian dari kegiatan internasional, maka kita juga menggandeng UMKM dari luar negeri, khususnya Asia,” tambahnya.

Baca Juga: Gaikindo: Kendaraan Listrik Akan Jadi Kendaraan Masa Depan Indonesia

Hal itu dibuktikan dengan keikutsertaan startup dari negara ASEAN, termasuk Indonesia dalam ASEAN-India Startup Festival yang akan digelar sebagai rangkaian Inarie.

Sebagai informasi, exhibitor baik dari dalam dan luar negeri seperti India, Afrika Selatan, dan Perancis akan turut berpartisipasi pada Inarie Expo 2022. 

Selanjutnya: KPK Geledah Gedung Mahkamah Agung (MA) Setelah Hakim Agung Sudrajad Dimyati Tersangka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data Berkomunikasi dengan Diplomatis dan Asertif

[X]
×