kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hadirkan Dunia Mode Fashion di Metaverse, WIRG Teken Kerjasama dengan ESMOD Jakarta


Kamis, 23 Maret 2023 / 07:10 WIB
Hadirkan Dunia Mode Fashion di Metaverse, WIRG Teken Kerjasama dengan ESMOD Jakarta
ILUSTRASI. Fitur AI-Powered Face Recognicion dari PT WIR Asia Tbk (WIRG) yang dapat digunakan untuk transformasi bisnis ritel.


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT WIR Asia Tbk (WIRG) melalui anak usahanya PT Metaverse Indonesia Makmur (Nusameta) mengembangkan platform teknologi web3 dan metaverse berkolaborasi dengan ESMOD Jakarta Fashion Design and Business. Keduanya berkolaborasi menghadirkan dunia mode fashion pada teknologi metaverse.

Sebagai penguatan dari kolaborasi keduanya melakukan penandatanganan nota kesepakatan (MoU) antara Direktur Utama PT Metaverse Indonesia Makmur, Stephen Ng dengan Group Head of Business ESMOD Jakarta, Adhika Kusuma di Jakarta.

Berawal dari kerja sama ESMOD Jakarta dengan Nusameta yang telah sukses membantu Jakarta Fashion Week 2022 untuk hadir pertama kalinya dalam dunia metaverse.

Direktur Utama Nusameta Stephen Ng menjelaskan, kerja sama ini merupakan salah satu komitmen Nusameta dan WIR Group untuk mengembangkan literasi digital pada semua industri untuk mengakselerasi terwujudnya perekonomian digital termasuk pengembangan industri kreatif seperti mode, serta mewujudkan inklusivitas teknologi.

Baca Juga: WIRG Perkenalkan Fitur AI-Powered Face Recognicion untuk Transformasi Bisnis Ritel

“Kerja sama ini tentunya memberikan tantangan tersendiri bagi kami dalam mengembangkan ekosistem metaverse, mengingat hadirnya dunia mode di metaverse memerlukan suatu sinergi untuk memadukan teknologi digital dengan hasil inovasi dan kreativitas para desainer," kata Stephen dalam keterangan resminya, Rabu (22/3).

Tujuan utamanya adalah mempersiapkan digital creative talent untuk pelajar ESMOD Jakarta demi keberlanjutan sektor industri mode masa depan yang akan didominasi dengan dunia digital.

WIRG juga akan menyediakan pelatihan bagi murid di ESMOD Jakarta tentang bagaimana membangun produk virtual serta proses mengunggah dan menjual desain di Metaverse.

"Kami percaya metaverse akan menjadi kebutuhan manusia di masa depan karena metaverse menawarkan pengalaman unik dan tak terbayangkan sebelumnya, dan hadirnya-industri-industri dalam metaverse tentu akan menjadi faktor menjadi terwujudnya ekosistem yang dapat digunakan oleh masyarakat,“ ujar Stephen.

ESMOD Jakarta berharap dapat terus memberikan dampak positif sebagai trendsetter dalam bidang fashion, dengan mulai memasuki era baru metaverse dan bekerjasama dengan Nusameta untuk hadir sebagai wadah.

"Tentunya kami berharap para pecinta fashion dapat berpartisipasi dimanapun dan kapanpun sehingga menjadi solusi dalam batasan jarak dan waktu," kata Adhika.

Maklum saja saa ini industri mode semakin mengglobal dan inovasi dari industri mode terus bertumbuh seiring dengan perkembangan zaman. Adaptasi terhadap majunya teknologi merupakan keharusan seiring dengan perubahan kebutuhan pasar global.

Baca Juga: WIR Asia Group (WIRG) Targetkan Ribuan Mesin DAV Ditempatkan di Gerai Ritel Tahun Ini

Kolaborasi ini juga diharapkan dapat membangun literasi digital melalui edukasi tentang metaverse serta membangun kolaborasi Nusameta dan ESMOD Jakarta dalam penyelenggaraan fashion show virtual di platform ekosistem metaverse secara berkala. Fashion show virtual ini akan menjadi tempat bagi pelajar di ESMOD Jakarta untuk menampilkan hasil desain mereka di platform metaverse.

ESMOD International Fashion Design & Business merupakan sekolah mode pertama di dunia dan menjadi pemimpin dari pendidikan mode dunia, telah hadir di 13 negara dengan 19 kampus berbeda.

"Kerja sama ini akan memberikan peluang bagi siswa dan siswi kami, bukan sekedar pemahaman terkait Metaverse, namun juga memanfaatkan secara maksimal platform yang dikembangkan WIR Group untuk keberlangsungan masa depan interaktivitas industri mode terutama di Indonesia," kata Adhika.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×