kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,46   1,15   0.12%
  • EMAS1.343.000 -0,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hakaaston Berharap Kelola Seluruh Rest Area Ruas Tol Milik Hutama Karya Tahun Ini


Rabu, 01 Februari 2023 / 13:13 WIB
Hakaaston Berharap Kelola Seluruh Rest Area Ruas Tol Milik Hutama Karya Tahun Ini
ILUSTRASI. Penggunaan produk konstruksi Hakaaston, anak usaha Hutama Karya.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagai perusahaan yang telah melakukan transformasi bisnis sejak akhir tahun 2021, kini PT Hakaaston (HKA), anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) semakin memantapkan posisi sebagai perusahaan yang bergerak pada Jasa Layanan Operasi (JLO) ruas tol.

Direktur Utama HKA J. Aries Dewantoro mengatakan, pada tahun 2023, HKA menargetkan pengelolaan rest area secara mandiri yang tersebar di berbagai ruas tol Hutama Karya. Selain itu, HKA bersama Hutama Karya selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) juga menargetkan pembangunan gerbang tol Multi Lane Free Flow (MLFF) di ruas tol JORR-S pada tahun ini.

Kelak, MLFF bakal memudahkan pengguna tol yang hendak melakukan pembayaran karena tidak lagi harus berhenti untuk membayar tol. Dari sisi pemeliharaan jalan tol, HKA juga menargetkan melakukan pekerjaan beautifikasi terhadap infrastruktur tol seperti pengecatan ulang pembatas jalan atau barrier dan guardrail.

Target pendapatan Jasa Layanan Operasi (JLO) tol HKA tahun 2023 adalah sebesar Rp 370 miliar yang berasal dari kontrak pengelolaan dan pemeliharaan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang terdiri dari ruas Sigli - Banda Aceh, Medan - Binjai, Binjai - Langsa, Tebing Tinggi - Kuala Tanjung - Indrapura, Pekanbaru - Bangkinang, Pekanbaru - Dumai, Indrapura - Kisaran, Bengkulu - Taba Penanjung, Palembang - Indralaya, Indralaya - Prabumulih, Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (TBPPKA), Bakauheni - Terbanggi Besar (Bakter), dan Akses Tanjung Priok.

hiBaca Juga: Hutama Karya Catat Lebih dari 500.000 Kendaraan Melintasi Tol Pekbang & Bengtaba

Pendapatan HKA juga berasal dari Jasa Layanan Rest Area (JLRA) melalui jasa pengelolaan, perawatan, dan pelayanan yang dilakukan di 9 titik rest area di ruas TBPPKA dan 11 titik rest area di ruas Bakter.

"HKA akan mengevaluasi kebutuhan pasar dan mengembangkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan pencapaian target tersebut. Hal ini mencakup optimalisasi layanan yang difokuskan pada kebersihan rest area, dan fasilitas publik yang berfungsi dengan baik,” ungkap Aries dalam siaran pers di situs Hutama Karya, Rabu (1/2).

Selain fokus terhadap pengembangan bisnis JLO tol dan JLRA, HKA tetap menjalankan bisnis manufaktur konstruksi berupa penjualan hotmix, readymix, dan precast dengan penyelesaian kontrak pekerjaan JTTS yang masih berjalan seperti ruas Bangkinang – Rimbo Panjang, Betung – Jambi, Binjai – Pangkalan, Rengat – Pekanbaru, dan sejumlah proyek eksternal seperti pengadaan dan pekerjaan hotmix Jalan Lintas Sumatera wilayah Pekanbaru dan memastikan deliverable tepat waktu dengan kualitas yang memenuhi standar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×