kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Harga telur ayam di Blitar melebihi acuan pemerintah, bagaimana hari ini?


Kamis, 13 Februari 2020 / 23:37 WIB
Harga telur ayam di Blitar melebihi acuan pemerintah, bagaimana hari ini?
ILUSTRASI. Pekerja mengumpulkan telur di peternakan ayam kawasan Gunung Sindur, Bogor. KONTAN/Baihaki

Reporter: Hasbi Maulana | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berapa harga telur ayam di Blitar hari ini, setelah terbit harga acuan baru dari pemerintah? Mungkinkah harga telur di kota kelahiran Bunga Karno akan mendaki lebih tinggi lagi? 

Data harga telur ayam Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) yang diolah KONTAN.co.id menunjukkan pada Rabu (12/2) harga telur ayam di Blitar sudah mencapai Rp 22.400 per kilogram.

Harga telur ayam di Blitar tersebut sudah melebihi rentang harga acuan telur dan daging ayam keluaran Kementerian Perdagangan terbaru, yaitu Rp 19.000-Rp 21.000 per kilogram.

Sebenarnya, pada Rabu lalu Blitar tidak mengalami kenaikan harga telur ayam dibanding sehari sebelumnya. Namun, memang, jika kita tengok data harga ayam persis sebulan sebelumnya, Blitar telah mengalami lonjakan harga hingga 15,46%.

Sekadar pengingat, pada 12 Januari lalu harga telur ayam di Blitar hanya Rp 18.900 per kilogram. Itu merupakan harga telur ayam terendah se-Indonesia pada hari itu. Sebagai pusat peternak ayam petelur, rekor harga terendah tersebut sangat memprihatinkan bagi Blitar.    

Meski sudah melebihi rentang harga acuan pemerintah, harga telur di Blitar masih kalah dibanding beberapa daerah lain. Sekadar informasi, Rabu lalu beberapa daerah menikmati harga telur ayam tertinggi dibanding daerah-daerah lain di Indonesia.

Baca Juga: Acuan harga telur ayam naik, bandingkan dengan harga riil terbaru ini (12/2)

Daerah dengan harga telur ayam relatif paling tinggi itu antara lain Balikpapan, Samarinda, dan Pangkalan Bun. Harga telur ayam di masing-masing daerah tersebut mencapai Rp 24.000 per kilogram.

Berikut ini daftar harga telur ayam semua darah di seluruh Indonesia, di halaman selanjutnya>>>




TERBARU

Close [X]
×