kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hari Ini, Kereta Cepat Jakarta Bandung Bakal Diresmikan Jokowi di Stasiun Halim


Senin, 02 Oktober 2023 / 04:18 WIB
Hari Ini, Kereta Cepat Jakarta Bandung Bakal Diresmikan Jokowi di Stasiun Halim
ILUSTRASI. Pada hari ini, Senin (2/10/2023), Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan diresmikan di stasiun Halim. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada hari ini, Senin (2/10/2023), Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan diresmikan di Stasiun Halim, Jakarta Timur oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Hal ini diungkapkan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo saat ditemui disela acara Pasar Gembira LRT Jabodebek di Stasiun LRT Jatimulya, Bekasi. 

"(Peresmian kereta cepat Jakarta-Bandung) di Halim. (Jadwal peresmiannya di) undangan jam 8," ujar Didiek, Minggu (1/10/2023). 

Dia menyebut, saat ini PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) selaku operator, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), hingga Kementerian BUMN tengah memastikan kesiapan Kereta Cepat Jakarta-Bandung agar dapat beroperasi secara komersial mulai Senin besok. 

"Lagi disiapin teman-teman, koordinasi Perhubungan, BUMN, KCIC," kata dia. Adapun Kemenhub selaku regulator telah menerbitkan Izin Operasi Sarana Perkeretaapian Umum untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada Selasa (26/9/2023) kemarin. 

Izin operasi ini dikeluarkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 114 Tahun 2023 tentang Izin Operasi Sarana Perkeretaapian Umum PT Kereta Api Cepat Indonesia-China. 

Baca Juga: Ada Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Optimistis Target Kunjungan Wisatawan 2023 Tercapai

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dengan keluarnya izin operasi ini, KCJB telah memenuhi aspek kelaikan operasional kereta cepat. 

“Alhamdulillah seluruh komponen pengujian dan sertifikasi telah dilaksanakan sehingga surat izin operasi ini dapat diterbitkan dan operasi komersial KCJB dapat segera dilakukan," kata Menhub dalam keterangan tertulis, Minggu (1/10/2023). 

Lebih lanjut Menhub menjelaskan, operasional KCJB akan dilakukan secara bertahap untuk terus dilakukan evaluasi sampai dengan skenario ultimate hingga 68 perjalanan per hari. 

Guna mempermudah penumpang untuk mencapai kota Bandung, telah disiapkan juga KA Feeder dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung. 

"Operasional secara bertahap ini dilakukan untuk memberi ruang kepada operator agar dapat menyesuaikan diri dan memaksimalkan pelayanan," ucapnya. 

Baca Juga: Otorita IKN Kaji Sistem Transportasi di IKN, Ada Kereta Cepat, MRT dan Taksi Terbang

Di samping itu, Menhub menyebut akan diterapkan tarif promo pada awal operasional KCJB untuk menarik minat masyarakat. 

Dia berharap setelah dikeluarkannya izin operasi ini, pihak KCIC selaku operator dapat menyiapkan operasi komersial yang akan segera diresmikan oleh Presiden. 

"Semoga KCJB dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum dan membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi bangsa," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bos KAI Pastikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diresmikan Besok di Stasiun Halim"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×