kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hasnur Internasional Shipping (HAIS) Optimistis Pengangkutan Kargo Tumbuh 5%-10%


Minggu, 05 Juni 2022 / 21:16 WIB
Hasnur Internasional Shipping (HAIS) Optimistis Pengangkutan Kargo Tumbuh 5%-10%
ILUSTRASI. Kapal PT Hasnur Internasional Shipping Tbk (HAIS)


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten grup Hasnur, PT Hasnur Internasional Shipping Tbk (HAIS) berencana menambah dua kapal baru di tahun ini. Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan pengangkutan kargo sebesar 5%-10% dibandingkan tahun lalu.

Chief Financial Officer Hasnur Internasional Shipping Novian Fitriawan mengatakan, pihaknya optimistis ekspektasi pengangkutan kargo dapat sesuai target. Pihaknya akan tetap memantau kondisi pasar.

“Saat ini kami sedang menunggu pengiriman satu kapal baru. Kami juga berencana untuk membeli satu hingga kapal lagi dan kami sedang dalam proses review,” ujar Novian Fitriawan kepada Kontan.co.id, Minggu (5/6).

Baca Juga: Hasnur Intenasional Shipping (HAIS) Akan Membagikan Dividen Rp 10,5 Miliar

Untuk itu, HAIS mengungkapkan bahwa dibutuhkan tambahan armada baru untuk mendukung pertumbuhan tersebut. Novian menjelaskan, biaya pembelian kapal baru itu pulalah yang menjadi pengeluaran utama belanja HAIS sejauh ini.

“Belanja modal saat ini kami alokasikan untuk pembelian dua kapal baru. Per kapal kami perkirakan akan perlu sekitar Rp 50 miliar. Di mana, dana tersebut akan didapatkan dari dana internal dan juga dari pinjaman,” tambah dia.

Adapun, saat ini Hasnur Internasional telah mengoperasikan 12 tug boats dan barges. Kemudian, terdapat sembilan unit kapal tongkang dengan ukuran 300 feet barges dan tiga unit tongkang ukuran 330 feet. Mengenai kapal baru, Novian mengatakan bahwa HAIS tengah memesan satu unit tug boat dan kapal tongkang berukuran 330 feet.

Baca Juga: Kinerja Ciamik, Hasnur Internasional (HAIS) Optimistis Mencapai Target

Di samping itu, HAIS juga membidik laba bersih tahun 2022 dapat tumbuh 13%-15% dari laba bersih 2021. Novian bilang, di awal tahun ini pengangkutan batubara domestik dan pelayaran long-towing telah mendongkrak kinerja perseroan. HAIS optimistis pemulihan ekonomi global dan harga batubara yang semakin kompetitif akan mendorong kinerja mereka.

Sebagai informasi tambahan, pada kuartal pertama tahun 2022, HAIS telah mengangkut 1,70 juta metrik ton kargo. Sementara, di sepanjang tahun 2021, HAIS telah melayani pengangkutan kargo sebesar 7,4 juta metrik ton. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×