kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.026,34   9,98   0.98%
  • EMAS975.000 -0,51%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

HET Minyak Goreng Curah Rp 14.000 Per Liter, HET Minyak Kemasan Dicabut


Sabtu, 19 Maret 2022 / 05:30 WIB
HET Minyak Goreng Curah Rp 14.000 Per Liter, HET Minyak Kemasan Dicabut


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Aturan main perdagangan minyak goreng berubah. Kementerian Perdagangan (Kemendag) merilis Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 11 tahun 2022 tentang Penatapan Harga Eceran Tertinggi (HET) Minyak Goreng Curah. Selain mencabut HET minyak goreng kemasan, Permendag baru ini juga mengatur kepastian harga minyak goreng curah.

Aturan yang diteken Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi pada 16 Maret 2022 ini menggantikan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 06 Tahun 2022 tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi Minyak Goreng Sawit.

"Menteri menetapkan HET minyak goreng curah sebesar Rp 14.000 per liter atau Rp 15.500 per kilogram," dikutip dari Permendag 11/2022, Jumat (18/3).

Baca Juga: HET Dicabut, Ini Daftar Harga Minyak Goreng Terkini

Dijelaskan bahwa, HET minyak goreng curah sebagaimana dimaksud termasuk pajak pertambahan nilai (PPN) sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pengecer dalam melakukan penjualan minyak goreng curah wajib mengikuti HET minyak goreng curah kepada konsumen. Konsumen yang dimaksud ialah masyarakat, usaha mikro, dan usaha kecil.

Industri menengah dan industri besar, termasuk pengemas, dilarang menggunakan minyak goreng curah dengan HET minyak goreng curah tersebut.

Bagi pengecer yang melanggar ketentuan tersebut akan dikenakan sanksi administratif. Kemudian bagi industri menengah dan industri besar, termasuk pengemas yang melanggar ketentuan juga akan dikenai sanksi administratif.

Adapun sanksi administratif yang dimaksud ialah penghentian kegiatan sementara dan/atau pencabutan perizinan berusaha.

Baca Juga: HET Dihapus, Harga Minyak Goreng Kemasan Melambung, Minyak Goreng Curah Langka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era Data Analysis with Excel Pivot Table

[X]
×