kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

HGU diperpanjang sampai 90 tahun, Dirut RNI: Sangat menguntungkan


Rabu, 28 Agustus 2019 / 19:27 WIB

HGU diperpanjang sampai 90 tahun, Dirut RNI: Sangat menguntungkan
ILUSTRASI. Direktur Utama RNI, Didik Prasetyo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI), Didik Prasetyo menilai usulan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) memberi Hak Guna Usaha (HGU) lahan dengan total waktu 90 tahun, menguntungkan dunia usaha berbasis lahan.

"Pasti lebih menguntungkan dunia usaha berbasis lahan. Bagaimana pun kita mempunyai jaminan kepastian yang lebih baik," ujar Didik kepada Kontan.co.id, Rabu (28/8).

Dalam rapat Rancangan Undang-Undang (RUU) Pertanahan pada Selasa (27/8), Kementerian ATR mengajukan usulan Hak Guna Usaha (HGU) kepada perusahaan selama 3 periode dengan total waktu selama 90 tahun.

Baca Juga: Pemerintah usul beri HGU kepada pengusaha total 90 tahun, GAPKI: Tidak ada perubahan

Rinciannya adalah, periode pertama selama 35 tahun, dan periode kedua selama 35 tahun, dan pemberian hak ketiga selama 20 tahun. Namun begitu, Didik belum memiliki bagaimana proyeksi pertumbuhan yang terjadi jika usulan akan diimplementasikan.

Hal tersebut, menurutnya, perlu melihat dengan detail biaya kepengurusan dan jaminan kepastian kelangsungan usaha. "Pada prinsipnya, peraturan yang berlaku saat ini sudah cukup berpihak pada pelaku industri agrobisnis. Namun kalau ada usulan menjadi 90 tahun, akan jauh lebih baik lagi," katanya.

Baca Juga: DPR tunggu sinkronisasi RUU Pertanahan dari pemerintah


Reporter: Amal Ihsan Hadian
Editor: Yoyok
Video Pilihan


Close [X]
×