kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hingga Agustus, Pelindo III catat pertumbuhan kinerja yang positif


Selasa, 11 September 2018 / 19:16 WIB
Hingga Agustus, Pelindo III catat pertumbuhan kinerja yang positif
ILUSTRASI. PELABUHAN TANJUNG PERAK


Reporter: Aulia Fitri Herdiana | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mencatatkan pertumbuhan kinerja positif hingga Agustus 2018.

Ari Askhara, CEO Pelindo III mengatakan, pertumbuhan tinggi terjadi pada kinerja operasional bongkar muat barang. "Bongkar muat general cargo tercatat tumbuh mencapai 28% di mana per Agustus tahun ini sudah mencapai 2 juta meter kubik (m³), sementara tahun lalu di angka 1,5 juta m³. Dari sisi tonase meningkat dari 29 juta ton ke 32 juta ton," ucapnya.

Sementara itu, arus peti kemas meningkat 7% dibanding tahun 2017 dengan jumlah 3,4 juta TEUs. Peningkatan ini karena adanya peningkatan arus peti kemas domestik di Terminal Berlian dan Terminal Teluk Lamong.

Peningkatan kinerja operasional tersebut mendorong peningkatan kinerja keuangan perusahaan. Hingga Agustus 2018, pada sisi pendapatan dari layanan peti kemas meningkat sebesar 14% dan pada layanan general cargo meningkat hingga 27% dibanding periode yang sama tahun 2017.

"Hingga Agustus ini, Pelindo III masih berhasil membukukan laba bersih setelah pajak (net profit after tax) sebesar Rp 1,97 triliun,” tambah Ari. Angka tersebut tumbuh 39% dari jangka waktu yang sama tahun lalu yang sebesar Rp 1,41 triliun.

Kinerja keuangan yang meningkat juga dipengaruhi oleh kinerja anak usaha yang semakin membaik, serta upaya diversifikasi usaha dan inovasi yang terus dikembangkan oleh Pelindo III mulai berjalan dengan baik.

"Kontribusi anak perusahaan mencapai hingga 50% dari capaian laba korporasi. Ini menunjukkan keberhasilan Pelindo III dalam melakukan transformasi di bidang SDM, operasional, dan diversifikasi usaha melalui sinergi internal maupun sesama BUMN serta dengan pihak swasta di sektor pelabuhan yang semakin solid," tambah Ari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×