kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.508.000   10.000   0,67%
  • USD/IDR 15.930   -61,00   -0,38%
  • IDX 7.141   -39,42   -0,55%
  • KOMPAS100 1.095   -7,91   -0,72%
  • LQ45 866   -8,90   -1,02%
  • ISSI 220   0,44   0,20%
  • IDX30 443   -4,74   -1,06%
  • IDXHIDIV20 534   -3,94   -0,73%
  • IDX80 126   -0,93   -0,74%
  • IDXV30 134   -0,98   -0,72%
  • IDXQ30 148   -1,09   -0,73%

Hippindo sebut ada pengelola mal yang menggratiskan tarif sewa terkait PSBB


Kamis, 09 Juli 2020 / 23:26 WIB
Hippindo sebut ada pengelola mal yang menggratiskan tarif sewa terkait PSBB
ILUSTRASI. Seorang pekerja membawa kereta belanja di ITC Permata Hijau, Jakarta, Senin (22/6/2020). Hippindo menyebutkan skema diskon sewa bervariasi, ada 50%, kurang dari 50%, bahkan menggratiskan sewa gratis selama masa penutupan mal. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Sandy Baskoro

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) menyatakan kesepakatan pemberian potongan harga sewa antara pengelola pusat belanja dan peritel sangat beragam dan lebih bersifat business to business (B2B).

Dewan Penasihat Hippindo, Tutum Rahanta mengatakan, lantaran pemerintah tidak memberikan insentif kepada pengelola pusat perbelanjaan, maka negosiasi yang terjadi mengacu pada kemampuan perusahaan.

"Jadi ada banyak skema negosiasi yang ada karena tiap gerai juga berada di bawah pengelolaan pihak yang berbeda. Tergantung posisi tiap pengelola, ada yang memberikan diskon, bahkan free, atau tidak memberikan diskon sama sekali," jelas Tutum saat dihubungi Kontan.co.id, Kamis (9/7).

Baca Juga: New normal, pengunjung Pondok Indah Mall meningkat

Sebagai informasi, akibat wabah corona (Covid-19) yang berdampak pada tingkat kunjungan yang rendah, pihak peritel modern yang mengisi gerai di pusat perbelanjaan meminta keringanan sewa pada pengelola mal.

Tutum melanjutkan, pihaknya tidak mengeluarkan batas patokan diskon atau keringanan sewa yang harus diminta oleh peritel lain. Tetapi, Hippindo tentu mengharapkan adanya keringanan dengan jumlah yang besar dari pihak pengelola mal.

Ia melanjutkan, skema diskon memang bervariasi, ada yang mengenakan diskon mencapai 50% bahkan lebih, atau kurang dari 50%, bahkan memberlakukan sewa gratis sepanjang masa penutupan mal akibat pembatasan sosial berskala besar (PSBB), hingga ada yang menolak dan tetap mengenakan tarif normal.

"Jadi sekali lagi, skema pemberian diskon ini bermacam-macam dan bersifat B2B, satu sama lain bisa memiliki kebijakan beda," lanjutnya.

Adapun mengenai jumlah kunjungan, sejak mal beroperasi kembali pada 2 Juni lalu hingga sekarang, Hippindo menyebut jumlah kunjungan masih belum signifikan.

"Jumlah pengunjung masih belum normal atau belum maksimal. Namun bagaimana pun juga, jual beli harus tetap berjalan agar roda ekonomi berputar juga," kata Tutum.

Baca Juga: New normal, kunjungan pusat perbelanjaan Metropolitan Land (MTLA) capai 40% kapasitas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×