kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hoki, penjualan peritel selama tahun baru Imlek mampu tumbuh dua digit


Rabu, 06 Februari 2019 / 16:44 WIB
Hoki, penjualan peritel selama tahun baru Imlek mampu tumbuh dua digit


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Momentum tahun baru imlek merupakan salah satu periode bagi peritel untuk meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, tak heran saat imlek penjualan peritel mengalami peningkatan ketimbang hari biasa.

Budiardjo Iduansjah, Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia menyampaikan secara rerata baik tingkat kunjungan maupun transaksi di gerai ritel mengalami peningkatan selama imlek. Selain karena banyaknya promosi, juga momentum tersebut dimanfaatkan masyarakat tidak hanya etnis Tionghoa tetapi juga umum untuk berbelanja.

“Peningkatan 10% hampir sama baik untuk peningkatan jumlah kunjungan maupun transaksi,” ujarnya kepada Kontan.co.id, Rabu (6/2).

Hal itu juga diamini oleh PT Panen Lestari Internusa, pemilik gerai Sogo Department Store tersebut menyampaikan peningkatan baik jumlah kunjungan dan transaksi tercatat cukup baik selama imlek. Performa yang baik tersebut juga disebabkan berpartisipasinya Sogo dalam midnight sale yang digelar di beberapa pusat perbelanjaan.

Arnolda Ratnawari Sidarta, Marketing Director Panen Lestari Internusa menyampaikan bahwa capaian pertumbuhan perusahaan lebih tinggi ketimbang proyeksi Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo). Asal tahu saja, Aprindo memproyeksikan pertumbuhan 5% hingga 10% selama momentum imlek tahun ini.

“Kunjungan meningkat terutama di gerai Emporium Pluit, Central Park dan Kelapa Gading. (Transaksi) lebih tinggi di 17% ketimbang tahun lalu,” ujarnya.

Pada momentum imlek tersebut, dari 18 gerai Sogo Department Store, hampir semuanya mengikuti program midnight sale yang dilakukan pusat belanja. Kendati gerai di Kota Kasablanka dan Plaza Senayan tidak menggelar program tersebut, namun capaian pertumbuhan saat imlek diakuinya sesuai dengan harapan.

“Baju laris manis dan bed linen juga, karena dalam tradisi Chinesse (harus) pakai sprei baru,” lanjutnya.

Iqbal Zakky Hasbianto, Public Relation Assistant Manager Metrox Group pun menyampaikan ada peningkatan akibat momentum imlek. Pemilik gerai Mezzo tersebut menarik minat pengunjung dengan memberikan program promosi dan marketing yang menarik.

Ia menyebutkan bahwa memberikan promo potongan harga dan promo angpao spesial untuk pelanggan yang minimal berbelanja Rp 750 ribu. Nantinya pelanggan bisa mendapatkan angpao potongan harga mulai 20% hingga 50%, program yang masih berlangsung sampai 10 Februari 2019 tersebut sukses mengerek tingkat kunjungan dan transaksi.

Dibandingkan hari biasa, dirinya menyampaikan tingkat kunuungan ke gerainya saat imlek meningkat. Tiga gerai yang mengalami lonjakan paling signifikan terletak di Central Park, AEON BSD dan Mal Centre Point Medan.

“Jika dipukul rata seluruh gerai kami kenaikannya tidak terlalu signifikan, tapi di tiga gerao tersebut kenaikannya mencapai lebih dari 10%,” tutup Iqbal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×