kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45941,14   4,65   0.50%
  • EMAS1.029.000 0,19%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Honda Malaysia Recall BR-V, HR-V, dan City, Apakah Indonesia Ikut Terdampak?


Jumat, 24 Juni 2022 / 07:52 WIB
Honda Malaysia Recall BR-V, HR-V, dan City, Apakah Indonesia Ikut Terdampak?
ILUSTRASI. Kampanye recall sebanyak 1.527 unit baru saja diumumkan Honda Malaysia. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kampanye recall sebanyak 1.527 unit baru saja diumumkan Honda Malaysia. Program recall tersebut menyasar untuk empat produk yang terdiri dari City, City Hatchback, HR-V, dan BR-V. 

Penarikan atau recall terhadap empat produknya diklaim sebagai tindakan pencegahan keamanan bagi tiap pemilik atau penggunanya. 

Sementara terkait masalah yang terjadi, sebanyak 1.068 unit City 2021 dan City Hatchback 2022 ditarik untuk pemeriksaan terhadap pengencangan mur pada terminal ACG dari engine harness. 

Dalam keterangan resminya, Honda Malaysia menjelaskan kondisi yang terjadi berpotensi membuat kerusakan hingga mobil tak dapat lagi dihidupkan. 

"Hal ini menyebabkan terminal kontak yang buruk dan kerusakan baterai yang dapat menyebabkan mesin berhenti saat mengemudi atau tidak dapat menghidupkan setelah mobil berhenti," tulis Honda Malaysia, dikutip dari TheStar, Rabu (22/6/2022). 

Baca Juga: Honda Prospect Motor Berupaya Mengamankan Pasokan Komponen Mobil

Sementara sisanya, 343 unit HR-V lansiran 2020 dan 116 unit BR-V 2021 mengalami recall untuk pemeriksaan kekencangan baut yang bisa menyebabkan kelonggaran pada wire harness. 

Kurang lebih dampak berpotensi seperti yang dialami Honda City, yakni membuat terminal kontak yang buruk dan mengakibatkan mesin berhenti saat unit dikemudikan. 

"Atau tidak dapat menghidupkan mesin setelah mobil berhenti. Honda Malaysia meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan kepada pelanggan yang terdampak dan meyakinkan semua model produksi dan penjualan saat ini tidak terpengaruh dalam recall ini," sambungnya. 

Baca Juga: Makin Terjangkau Mulai Rp 90 Jutaan, Ini Daftar Harga Honda Brio Bekas

Lantas bagaimana dengan unit HR-V, BR-V, City, dan City Hatchabck yang beredar di Indonesia? 

Ketika mengonfirmasi, Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan, recall di Malaysia tak berkaitan dengan produk yang dipasarkan di Tanah Air. 

"Berdasarkan informasi yang kami terima saat ini, Indonesia tidak terdampak untuk program recall tersebut (di Malaysia)," tulis Billy kepada Kompas.com.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BR-V, HR-V, dan City Kena Recall di Malaysia, Bagaimana di Indonesia?"

Editor : Stanly Ravel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Complete Three Statement Modeling

[X]
×