kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Honda mengekspor motor Beat ke Filipina


Jumat, 12 Desember 2014 / 11:39 WIB
Honda mengekspor motor Beat ke Filipina
ILUSTRASI. 4 Manfaat Vitamin C untuk Kulit di Dalam Produk Skincare


Reporter: Widiyanto Purnomo | Editor: Yudho Winarto

KARAWANG. Perusahaan sepeda motor asal Jepang, PT Astra Honda Motor (AHM) berencana ekspor sepeda motor skuter transmisi otomatis (Skutik) Honda Beat mulai 2015. Di atas kertas, perusahaan ini menargetkan ekspor sebanyak 40.000–50.000 unit sepeda motor per tahun.

Adapun tujuan ekspor sepeda motor skutik Honda itu adalah Filipina. "AHM menjadi perusahaan ketiga Astra Group yang ekspor, sebelumnya ada Toyota dan Daihatsu," kata Prijono Sugiarto, Presiden Direktur PT Astra International Tbk (ASII) di Karawang, Kamis (12/12).

Untuk pasar ekspor, AHM memproduksi sepeda motornya itu di pabrik keempat yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Pabrik dengan investasi Rp 3,13 triliun tersebut baru diresmikan pada Kamis (11/12). 

Margono Tanuwijaya, Direktur Pemasaran AHM bilang, perusahaan sengaja memilih pasar ekspor ke Filipina, yang memiliki karakter pasar mirip dengan Indonesia. Karenanya produk yang sama bisa diterima di negeri tersebut.

Selain Filipina, Honda berencana memperbesar pasar dengan menyasar negara lain. Namun sayang, Margono menyimpan rapat-rapat negara tujuan ekspor yang baru itu. 

Untuk melakukan ekspor, pabrik perakitan sepeda motor AHM terbilang sudah cukup mumpuni. Sebab, dengan beroperasinya pabrik terbaru mereka, maka kapasitas produksi sepeda motor milik AHM naik dari 4,2 juta unit per tahun menjadi 5,3 juta unit per tahun.

Sigit Kumala, Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menambahkan, selain menyasar pasar Filipina, negara yang potensial untuk tujuan ekspor sepeda motor Indonesia adalah Vietnam dan Myanmar. "Filipina menjadi tujuan ekspor karena pasar sepeda motor disana tumbuh," tambah Sigit.

Sebelum ekspor ke Filipina, Honda sebenarnya telah mengekspor sepeda motor ke Timur Leste dengan jumlah ekspor 3.961 unit sampai September 2014. Namun tak ada perincian jenis motornya. 

Mengacu data AISI, sampai November 2014, ekspor sepeda motor nasional tercatat 36.873 unit. Selain Honda, perusahaan sepeda motor yang telah melakukan ekspor dari Indonesia antara lain Yamaha, Kawasaki dan Suzuki. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×