kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hotel Santika mengharap berkah dari pemilu 2019


Selasa, 25 September 2018 / 22:36 WIB
Hotel Santika mengharap berkah dari pemilu 2019
ILUSTRASI. Hotel Santika


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Grahawita Santika optimistis ajang bakal ketiban berkah pada tahun politik tahun 2019. Penyelenggaraan pemilu diharapkan mampu mengerek pendapatan hotel sekitar 10%.

Sudarsana, General Manager Corporate Business dan Communication PT Grahawita Santika bilang harapannya bisa mendorong pertumbuhan pendapatan dan pengunjung melalui konsolidasi-konsolidasi partai baik dari daerah dan kota besar.

"Secara grup proyeksinya dapat bertumbuh sekitar 10% dengan adanya ajang kontestasi tersebut," ujarnya kepada kontan.co.id, Selasa (25/9).

Walau begitu, ia menegaskan pertumbuhan tersebut merupakan rata-rata dari keseluruhan hotel yang dikelola perusahaan. Adapun jumlah hotel yang dikelola PT Grahawita Santika sebanyak 110 hotel yang tersebar di seluruh Indonesia.

Namun, ia berharap dengan adanya kontestasi politik tersebut pertumbuhan yang dialami dapat merata baik dari kota maupun dari daerah melihat peluang konsolidasi dari partai-partai.

Menurutnya, periode Januari-April tahun depan akan menjadi menarik. Hal tersebut lantaran periode tersebut merupakan waktu low season.

Namun, dengan adanya Pilpres pada April mendatang tak menutup kemungkinan periode tersebut menjadi ramai karena setiap pendukung akan beradu cepat untuk melakukan start pemenangan masing-masing calon.

Melihat potensi yang ada, perusahaan juga telah menyiapkan strategi yaitu melalui program direct booking dan loyalty program.

Ia menjelaskan untuk direct booking yaitu booking melalui brand online mereka yang rencana akan diluncurkan paling lambat pada November mendatang. Sedangkan untuk loyality program merupakan program membership yang akan mendapatkan harga khusus.

"Ini kami anggap strategis karena orang dapat booking lebih murah dan bisa menjadi member, sehingga diharapkan mereka tidak lari ke mana-mana dan tetap menggunakan Santika Grup. Untuk lainnya seperti promo biasa yaitu program," lanjutnya.

Sedangkan untuk kontribusi dari ruangan, konvensi, dan makanan, Sudarsana bilang tergantung daerah. Untuk hotel yang memiliki kapasitas kamar lebih banyak akan didominasi kamar.

Ia mencontohkan seperti Anvaya yang berada di Bali. Dengan kapasitas hampir 500 kamar dan konvensinya tidak terlalu besar sehingga kontribusi terbesar berasal dari kamar.

Namun, secara keseluruhan hotel milik Santika Grup kontribusi pendapatan terbesar dari kamar dengan sales co-efficiency pada angka 170. "Artinya 100 untuk kamar dan 70 untuk yang lain-lain," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×