kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Humpuss Intermoda & Padoma Global Tekan MoU untuk Layanan Transportasi LNG dari Papua


Jumat, 28 Juli 2023 / 06:20 WIB
Humpuss Intermoda & Padoma Global Tekan MoU untuk Layanan Transportasi LNG dari Papua


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Emiten jasa kemaritiman terintegrasi PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) menandatangani nota kesepamahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan PT Padoma Global Neo Energi, perusahaan pengelolaan energi termasuk penyedia dan infastruktur gas alam cair atau liquefied natural gas (LNG) di Papua.

Kedua perusahaan bersepakat untuk menjalankan kerjasama di bidang pelayanan dan jasa transportasi dan distribusi energi sekaligus secara bersama-sama memasarkan dan mengelola LNG yang berasal dari Papua Barat.

Direktur Utama HITS Tonny Aulia Achmad menyatakan "penandatanganan MoU tersebut untuk mendukung Pemerintah Papua Barat dalam penyediaan infrastruktur LNG untuk pembangkit listrik di Jayapura melalui kerjasama dengan BUMD di Papua Barat yaitu PT Padoma," kata Tonny dalam siaran pers, Kamis, (27/7).

Baca Juga: HUMI Targetkan Pengembangan Usaha Ambisius dan Kontribusi 18 Anak Usaha Meningkat

“Prinsipnya kami saling membantu dan saling mendukung untuk mengoptimalkan potensi bisnis dan sumber daya yang dimiliki untuk sama-sama berkembang," tambahnya. 

Dengan kolaborasi bisnis ini, Tonny optimistis akan berdampak positif kepada perusahaan secara grup. Kerjasama ini semakin memperkuat segmen bisnis perusahaan dan memperkokoh perseroan sebagai menjadi pemain utama layanan transportasi LNG dengan sistem pengamanan yang terbaik di Tanah Air.

“Kami membuktikan bahwa pengalaman lebih dari 30 tahun Grup Humpuss Intermoda dalam mendistribusikan LNG meyakinkan Padoma untuk menjadikan kami sebagai mitra dalam layanan angkutan muatan gas alam cair ke sejumlah wilayah,” tegas Tonny.

Dari sisi dampak kerjasama tersebut, dia mengakui akan mendorong kinerja positif perusahaan. Apalagi besarnya kapasitas angkut LNG dan peluang pemasaran dari produksi gas alam cair di wilayah Papua Barat tersebut yang mencapai 800,000 Metric Ton/year (MTPA).

Dalam merealisasikan rencana ini, sebagai induk Perusahaan, HITS mengimplementasikan kerjasama tersebut melalui entitas afiliasinya PT Humpuss Maritim Internasional (HUMI) yang mendukung anak usaha yang khusus bergerak di industri jasa layanan transportasi LNG, PT GTS Internasional Tbk.

Baca Juga: Humpuss Maritim (HUMI) Bidik Pertumbuhan 20% Usai IPO, Simak Strateginya

Apalagi dengan pengalaman GTSI yang telah lebih dari tiga dekade dalam mendistribusikan LNG ke sejumlah pembangkit listrik di Indonesia, seperti di Jakarta, Jawa Barat, Bali, Arun, dan Kalimantan. Bahkan GTSI kini diketahui telah mendistribusikan gas alam cair sebagai sumber energi yang menopang 66,67% kebutuhan listrik di Indonesia.

Selain pasar domestik, GTSI juga berpengalaman mengangkut muatan LNG ke sejumlah negara, seperti Taiwan, Jepang, dan Korea Selatan dengan sejumlah mitra internasional yang juga menjadi pemain utama transportasi LNG, Mitsui O.S.K. Lines, Ltd.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×