kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45945,44   8,65   0.92%
  • EMAS1.116.000 0,54%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hutama Karya Akan Operasikan Jalan Tol Binjai-Langsa Sepanjang 7,55 Km, Masih Gratis


Minggu, 10 September 2023 / 06:27 WIB
Hutama Karya Akan Operasikan Jalan Tol Binjai-Langsa Sepanjang 7,55 Km, Masih Gratis
ILUSTRASI. Hutama Karya segera mengoperasikan Jalan Tol Binjai?Langsa segmen Stabat?Kuala Bingai tanpa tarif sepanjang 7,55 Km.


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam waktu dekat, perusahaan jasa konstruksi pelat merah PT Hutama Karya (Persero) akan segera mengoperasikan Jalan Tol Binjai–Langsa segmen Stabat–Kuala Bingai tanpa tarif sepanjang 7,55 Km.

Sebelumnya Hutama Karya telah mengoperasikan Tol Binjai–Langsa Seksi Binjai–Stabat sepanjang 11,8 Km sejak tanggal 11 Februari 2022 lalu.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo mengatakan, sebelumnya Hutama Karya telah mengantongi Sertifikat Laik Operasi (SLO) yang terbit pada 8 Agustus 2023 lalu disusul dengan dikeluarkannya Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1138/KPTS/M/2023 Tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Binjai–Langsa Seksi Stabat–Tanjung Pura Segmen Binjai–Stabat.

“Ruas tol ini sudah pernah diuji coba dengan dioperasikan secara fungsional selama Mudik Lebaran 2023 lalu yang dilalui lebih dari 24 ribu kendaraan,“ kata Tjahjo dalam siaran pers, Sabtu (9/9).

Baca Juga: Segera Beroperasi, Hutama Karya Infrastruktur Uji Laik Fungsi Jembatan Sei Wampu

Dengan dikeluarkannya Kepmen tersebut, Hutama Karya siap mengoperasikan jalan tol ini. Untuk mendukung pengoperasian tersebut, Hutama Karya juga telah menyiapkan sejumlah fasilitas dan personel siaga.

Di antaranya 100 personel siaga bersama dengan personel existing di seksi Binjai-Stabat yang terdiri dari petugas layanan operasi, derek, ambulans hingga patroli.

Lebih lanjut, Tjahjo menambahkan bahwa selama masa beroperasi tanpa tarif, Hutama Karya akan melakukan sosialisasi secara masif mengenai aturan berkendara di jalan tol.

Baca Juga: Kemenkeu Pastikan Pencairan PMN BUMN Tahun 2023 Tak Molor

Tjahjo berharap selama masa sosialisasi ini masyarakat atau pengguna jalan tol yang melintas sudah mengetahui tata tertib yang berlaku di jalan tol dan memahami bahwa aturannya berbeda dengan jalan nasional, terutama terkait penggunaan kartu uang elektronik hingga peraturan putar balik kendaraan.

Meski belum bertarif, pengguna jalan tol tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik khususnya pengguna yang melintas dari arah Stabat menuju Kuala Bingai atau sebaliknya melalui Seksi Binjai-Stabat. Tol Binjai-Langsa seksi Binjai-Stabat tetap dikenakan tarif normal karena sudah beroperasi dengan tarif sejak lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Negotiation For Everyone Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×