kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hutama Karya Berharap Kerjasama Investasi dengan INA Dorong Pembangunan Jalan Tol


Selasa, 19 April 2022 / 19:32 WIB
Hutama Karya Berharap Kerjasama Investasi dengan INA Dorong Pembangunan Jalan Tol
ILUSTRASI. Suasana proyek pembangunan tol ruas Sigli-Banda Aceh seksi 5 Blang Bintang -Kuta Baro di Aceh Besar, Aceh. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/YU


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Hutama Karya (Persero) menyambut baik kerjasama investasi dengan Lembaga Pengelola Investasi atau Indonesia Investment Authority (INA). Dari investasi tersebut, Hutama Karya berharap dapat membantu perusahaan mempercepat pembangunan jalan tol.

Sebagai informasi, INA menandatangani dua perjanjian investasi pada jalan tol di Pulau Sumatra dan Pulau Jawa. Perjanjian kerja sama investasi tersebut dilakukan antara INA dengan PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Hutama Karya (Persero).

Konfrimasi Dimulainya Transaksi (Confirmation of Transaction Commencement/CTC) telah dilakukan antara INA dan anak usaha Waskita yakni PT Waskita Toll Road untuk ruas Jalan Tol Trans Jawa mencakup ruas-ruas  Tol Kanci-Pejagan dan Tol Pejagan-Pemalang.

Sementara itu INA juga telah melakukan Penandatanganan Perjanjian Induk atau Heads of Agreement (HOA) antara INA dan Hutama Karya untuk sejumlah ruas jalan tol Trans Sumatra (JTTS) termasuk ruas-ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, dan Tol Medan-Binjai. Adapun nilai investasi sebesar Rp 39 triliun telah disepakati oleh INA, Waskita Karya dan Hutama Karya.

Baca Juga: INA Benamkan Investasi ke Proyek Jalan Tol Rp 39 Triliun

“Hutama Karya berharap kerja sama investasi dengan INA akan menjadi sumber pembiayaan baru, melengkapi dana penyertaan modal negara (PMN) dan pinjaman yang membantu perusahaan dalam mempercepat pembangunan ruas-ruas JTTS lainnya,” ungkap EVP Sekretaris Perusahaan, Tjahjo Purnomo saat dihubungi Kontan.co.id, Selasa (19/4).

Dengan demikian, jalan tol yang telah terhubung dengan baik dapat mempercepat multiplier effect pada pertumbuhan ekonomi khususnya di Pulau Sumatra. 
Hutama Karya berharap kerja sama investasi ini dapat mendatangkan manfaat bagi pengguna jalan tol untuk meningkatkan konektivitas dan mengurangi waktu tempuh yang dapat mendorong efisiensi lolgistik.

Saat ini, PT Hutama Karya (Persero) dengan INA sedang melakukan proses due diligence untuk 3 ruas jalan tol trans Sumatra yakni ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 141 km, Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 km dan Ruas Tol Medan Binjai sepanjang 16,8 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×