kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hutama Karya Mengejar Pembangunan 2 Proyek Infrastruktur di IKN


Jumat, 11 Agustus 2023 / 13:17 WIB
Hutama Karya Mengejar Pembangunan 2 Proyek Infrastruktur di IKN
ILUSTRASI. Rencana bangunan gedung dan kawasan Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara.


Reporter: Sabrina Rhamadanty | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Budi Harto mengatakan, saat ini perseroan memiliki dua proyek di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Proyek yang pertama adalah proyek jalan tol dan yang kedua adalah proyek gedung.

Untuk pembangunan Jalan Tol, Hutama Karya membangun bersama Brantas Abipraya dan PT Adhi Karya Tbk (ADHI). Sedangkan, bagian Jalan Tol yang tengah digarap yakni Seksi 3 Karang Joang sampai Kariangau.

Baca Juga: 6 Jalan Tol Hutama Karya Siap Diresmikan pada Semester II-2023

“Keduanya sudah mulai jadi memang sekarang. Progresnya di Juli, fisiknya 10 persen, karena ada masalah pengadaan tanah yang saat ini terus berproses dibantu temen-temen Pekerjaan Umum (PU), Kemen Kemaritiman dan Investasi. Kami prediksi tahun depan bisa selesai,” jelas Budi saat ditemui Kontan di kawasan Gatot Subroto, Kamis (10/08)

Ia menambahkan, panjang tol atau total kilometer yang ditangani adalah dari STA 14 sampai STA 27 dengan panjang kira-kira 13 km.

Selain pembangunan jalan, Hutama Karya juga harus membangun satu jembatan yang melintas di sungai Wain, dengan panjang hampir 1 kilometer.

“Secara lingkungan harus menjadi satu kesatuan (jembatan panjang) karena takutnya kalau dibuat pendek, kita melakukan penimbunan malah mengganggu pasang-surut dan satwa-satwa endemik terganggu,” jelasnya.

Selain jalan tol, di IKN, Hutama Karya juga mendapatkan proyek membangun gedung Kementerian Koordinator 2.

“Hutama karya kebagian gedung Kemenko 2, ada 4 bangunan dengan tingginya 12 lantai Dan diprediksi diselesaikan sebelum Oktober 2024,” katanya.

Baca Juga: Hutama Karya Bakal Jual Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung

Pembangunan gedung ini akan didominasi oleh pekerjaan beton kemudian juga dilengkapi dengan teknologi penggunaan bahan pekerjaan yang aman agar bisa menekan noise yang tinggi.

“Memang untuk building yang di IKN ini maksimal dipergunakan digital construction sehingga kemungkinan-kemungkinan eror bisa diperkecil,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×