kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hutama Karya: Uji Laik Fungsi Jalan Tol Indrapura Kisaran II Telah Tuntas


Minggu, 03 Maret 2024 / 15:06 WIB
Hutama Karya: Uji Laik Fungsi Jalan Tol Indrapura Kisaran II Telah Tuntas
ILUSTRASI. Kendaraan melintas Tol Trans Sumatera (JTTS) ANTARA FOTO/Muhammad Izfaldi/Spt.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Hutama Karya (Persero) telah menuntaskan serangkaian Uji Laik Fungsi (ULF) terhadap salah satu ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang memiliki panjang 32,15 km.

Uji Laik Fungsi jalan tol Indrapura Kisaran II Seksi Limapuluh – Kisaran tersebut telah berlangsung pada Kamis (29/02) hingga Jumat (1/3).

Evaluasi ini melibatkan sejumlah instansi yang terdiri dari unsur Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia.

Baca Juga: Tahap I Kelar 2024, Jalan Panjang Hutama Karya Bangun Jalan Tol Trans Sumatera

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo menjelaskan bahwa Jalan Tol Indrapura– Kisaran terdiri dari dua seksi dengan total panjang 47,75 km. Dan Progres pembangunan fisik Jalan Tol Indrapura– Kisaran Seksi II Limapuluh– Kisaran telah rampung. 

“Maka itu, untuk mendukung percepatan pengoperasiannya, jalan tol ini dilakukan pemeriksaan sebelum dilalui oleh pengguna jalan,” ungkap Tjahjo, dalam keterangan resmi, Minggu (3/2). 

Ia menambahkan, pengecekan fasilitas pendukung meliputi mainroad, simpang susun, intersection jalan tol dengan jalan nasional, gerbang tol, hingga Tempat Istirahat & Pelayanan (TIP).

Adapun, fasilitas struktur yang turut dilakukan pengecekan diantaranya underpass bridge, overpass, box culvert.

Baca Juga: Hutama Karya Berlakukan Tarif Tol Tebing Tinggi-Indrapura-Lima Puluh, Cek Tarifnya

Dari segi persiapan operasional, Hutama Karya juga menyediakan mobil Ambulan, Derek 10 Ton, Derek Towing, Rescue, dan Kendaraan Patroli untuk memastikan keselamatan pengendara jalan tol.

Jika tersambung penuh, jalan tol ini akan memangkas setengah waktu tempuh masyarakat utamanya utamanya ketika mudik lebaran mendatang.

Semula dari Medan menuju Kisaran membutuhkan 5 jam, dengan panjangnya jaringan jalan tol di Sumatra Utara, maka waktu tempuh pengendara hanya menjadi 2 jam 30 menit.

“Selain memperkuat konektivitas masyarakat, distribusi logistik akan semakin mudah, dan perekonomian semakin menggeliat,” tuturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×