kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Hypermart: Sales Ramadan setara dengan 30% penjualan setahun


Senin, 01 Agustus 2011 / 20:50 WIB
Hypermart: Sales Ramadan setara dengan 30% penjualan setahun
ILUSTRASI. Selasa (20/10), IHSG turun 0,52% menjadi 5.099,84. IHSG tertekan saham-saham big cap yang melemah.


Reporter: Maria Rosita | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Berkah bulan Ramadan cukup dirasakan oleh sejumlah pengelola supermarket besar Indonesia. Salah satunya adalah PT Matahari Putra Prima Tbk.

Menurut Kepala Komunikasi Perusahaan PT Matahari Putra Prima Danny Konjongian, penambahan stok di Hypermart dan Foodmart selama Ramadan untuk produk slow moving bisa melonjak empat hingga lima kali lipat. Produk slow moving yang dimaksud misalnya sirup, biskuit kaleng, makanan kemasan, hingga buah-buahan. "Soalnya itu yang dominan, kebutuhan yang paling dicari konsumen setiap hari," kata Danny kepada KONTAN, Senin (1/8).

Sementara produk segar seperti daging dan telor, penambahan stok mencapai dua kali lipat dari bulan biasa. "Di bulan biasa saja normalnya 2-3 hari inventory sudah harus diganti, bulan Ramadan bisa setiap hari dengan jumlah lebih banyak," kata Danny.

Dia menambahkan, Hypermart menyiapkan tambahan 20% stok barang sejak dua bulan lalu. Termasuk untuk hard moving, seperti elektronik ataupun pakaian. "Penambahan tidak begitu mencolok karena bukan prioritas utama. Kontribusinya sekitar 15% - 20% dari total penjualan, jadi tidak fokus ke sana," kata Danny.

Dia meramalkan, omzet Lebaran tahun ini paling tidak naik sekitar 15% - 20% dari perolehan Idul Fitri tahun lalu. Alasannya, perekonomian Indonesia kondusif. Sayang, Danny enggan membeberkan nominal tersebut. "Penjualan selama 30 hari selama Ramadan setara dengan 25% hingga 30% dari total omzet setahun," tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×