kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ikut lelang operator Pelabuhan Patimban, ini persiapan Samudera Indonesia (SMDR)


Kamis, 15 Oktober 2020 / 16:20 WIB
Ikut lelang operator Pelabuhan Patimban, ini persiapan Samudera Indonesia (SMDR)
ILUSTRASI. Kapal chemical tanker PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR)


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Samudera Indonesia Tbk. (SMDR) menyatakan siap untuk mengikuti lelang operator Pelabuhan Patimban yang sudah memasuki tahap prakualifikasi. Setelah diumumkan sekitar dua minggu yang lalu, SMDR sudah mendaftarkan diri & mengambil arahan prakualifikasi dari Panitia Lelang Kementerian Perhubungan.

Direktur Utama Samudera Indonesia Bani M. Mulia menyatakan, perseroan siap memenuhi kelengkapan data yang dibutuhkan untuk syarat pada tahap prakualifikasi. Pihaknya menggunakan waktu yang diberikan untuk mempersiapkan semua dokumen-dokumen yang di persyaratkan untuk bisa memenuhi syarat-syarat prakualifikasi peserta lelang.

"Akhirnya kami sudah selesai menyiapkan semua persyaratan yang disampaikan panitia dan Insya Allah hari ini kami akan memasukkan semua dokumen persyaratan tersebut kepada Panitia Lelang di Kemenhub, memang batas akhir waktunya adalah sore hari ini," ujar Bani kepada kontan.co.id, Kamis (15/10).

Baca Juga: Kencangkan ikat pinggang, Cottonindo Ariesta (KPAS) revisi capex tahun ini

Bani menyebut, hasil yang akan diumumkan dalam beberapa hari ke depan adalah hasil prakualifikasi, artinya apakah semua pihak-pihak/peserta yang mendaftarkan diri dan memenuhi syarat-syarat prakualifikasi terkonfirmasi oleh Panitia bahwa memenuhi persyaratan yang mereka berikan.

"Hasil tersebut yang kami tunggu. Tentu asumsinya, hasil tersebut akan menghasilkan beberapa pihak yang memenuhi persyaratan prakualifikasi. Setelah itu baru, yang lolos prakualifikasi akan terus ke proses selanjutnya. Persiapan proses selanjutnya kami akan menunggu hasil & arahan dari Panitia," kata Bani.

Ia mengungkapkan, apabila pihaknya bisa mendapatkan kepercayaan di Patimban, maka Perseroan akan mengusahakan yang terbaik untuk pengelolaan Pelabuhan yang memiliki daya saing tinggi, produktivitas tinggi, menggunakan kombinasi manajemen yang handal & teknologi yang diperlukan dalam mengelola pelabuhan yang efisien, produktif & kompetitif.

Perseroan menggandeng mitra dari Jepang untuk bertarung dalam lelang operator. Tetapi Bani saat ini belum membeberkan siapa mitra nasional dan mitra dari Jepang yang akan digandeng dalam konsorsium peserta lelang tender, yang jelas Bani mengaku akan bekerja sama dengan berbagai pihak yang dapat memberikan value add kepada project nasional ini.

Baca Juga: Eastparc Hotel (EAST) luncurkan fasilitas anyar untuk gaet pengunjung

Sebelumnya, emiten berkode saham SMDR itu mengaku tengah melakukan koordinasi dengan calon mitra. Ia mengaku terbuka untuk bermitra dengan berbagai pihak, sesuai dengan perkembangan kebutuhan project di masa mendatang nya, per tahap.

"Saat ini untuk memenuhi proses prakualifikasi, kami juga bermitra dengan mitra yang memiliki visi yang sama dalam mengembangkan pelabuhan yang produktif & efisien bagi industri di Jawa Barat. Nantinya untuk proses tahapan-tahapan selanjutnya, masih terbuka kemungkinan untuk menambah kemitraan lagi dengan pihak-pihak lain," ungkap Bani.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×