Reporter: Sabrina Rhamadanty | Editor: Putri Werdiningsih
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen beras, PT Buyung Poetra Sembada, Tbk. (HOKI) fokus mengincar peluang pasar dari kebutuhan akan beras sehat bagi masyarakat melalui merek Dailymeal. Hingga semester I, penjualannya telah meningkat 145% secara tahunan dan hasilnya sudah melampaui target 10% yang ditetapkan perseroan.
Dailymeal dijual melalui anak usaha PT Hoki Distribusi Niaga (HDN). Produk yang memiliki tiga varian yaitu beras jagung, beras singkong dan beras merah ini diyakini bisa menjadi alternatif asupan yang baik bagi penderita diabetes dan mereka yang ingin diet. Dengan indeks glikemik (indikator yang memengaruhi kenaikan gula darah) yang rendah, serat yang tinggi, serta bebas gula.
“Mengingat tingginya jumlah penderita diabetes di Indonesia yang terus meningkat, Dailymeal hadir sebagai pilihan makanan sehat yang tidak hanya bermanfaat bagi penderita diabetes, tetapi juga bagi masyarakat yang ingin beralih ke gaya hidup sehat. Oleh karenanya, Perseroan akan fokus untuk menangkap potensi pasar produk makanan sehat yang terusberkembang ini,” ujar Direktur HOKI, Budiman Susilo dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan, Kamis (26/09).
Menurutnya manajemen berkomitmen untuk berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup sehat masyarakat Indonesia. Perseroan akan fokus untuk menangkap potensi pasar produk makanan sehat yang terus berkembang ini.
Baca Juga: Buyung Poetra Sembada (HOKI) Telah Realisasikan Capex Rp13,6 miliar
Data Kementerian Kesehatan menyebut angka pengidap diabetes di Indonesia saat ini telah mencapai 19,5 juta jiwa. Jumlah tersebut diprediksi akan melonjak mencapai 28,5 juta penduduk pada 2045. Atlas International Diabetes Federation (IDF) edisi ke-10 juga menyebutkan perkiraan populasi diabetes dewasa di Indonesia yang berusia antara 20-79 tahun mencapai sebanyak 19,4 juta orang dengan prediksi prevalensi diabetes mencapai 10,6%. Dengan kata lain, berarti 1 dari 9 orang pada kelompok usia 20-79 tahun menderita diabetes.
"Sejalan dengan keinginan masyarakat untuk mengonsumsi makanan sehat, produk-produk Dailymeal telah mendapatkan sambutan pasar yang sangat positif. Kami yakin bahwa transformasi bisnis HOKI ke sektor fast moving consumer goods (FMCG) melalui HDN telah berada di jalur yang benar. Oleh karenanya, kami berharap percepatan pertumbuhan kinerja Perseroan akan terus berlanjut," tandas Budiman.
Sementara itu, secara keseluruhan HOKI mencatat penjualan meningkat 6% yoy pada semester I 2024 dari Rp 700,47 miliar menjadi Rp744,4 miliar. Tahun ini perseroan menargetkan pertumbuhan penjualan di kisaran 10% yaitu sebesar Rp 1,412 triliun.
Selanjutnya: Pengeritan Monthly Fee Bank BRI, Ketentuan, dan Biaya Admin Tabungan
Menarik Dibaca: Harga Emas Antam Turun Rp 2.000 Hari Ini 26 September
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News