kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.468.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.946   -52,00   -0,33%
  • IDX 7.161   -53,30   -0,74%
  • KOMPAS100 1.094   -8,21   -0,74%
  • LQ45 872   -4,01   -0,46%
  • ISSI 216   -1,82   -0,84%
  • IDX30 446   -1,75   -0,39%
  • IDXHIDIV20 540   0,36   0,07%
  • IDX80 126   -0,84   -0,67%
  • IDXV30 136   0,20   0,15%
  • IDXQ30 149   -0,29   -0,20%

Incar Penjualan Rp 320 Miliar, Begini Jurus Zyrexindo (ZYRX)


Minggu, 17 November 2024 / 11:10 WIB
Incar Penjualan Rp 320 Miliar, Begini Jurus Zyrexindo (ZYRX)
ILUSTRASI. PT Xyrexindo Mandiri Buana Tbk (ZYRX) berupaya meningkatkan kembali kinerja keuangannya pada sisa tahun 2024.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Xyrexindo Mandiri Buana Tbk (ZYRX) berupaya meningkatkan kembali kinerja keuangannya pada sisa tahun 2024. Sejumlah strategi pun telah diimplementasikan ZYRX agar bisnisnya terus berkembang.

Sebagaimana diketahui, penjualan bersih ZYRX berkurang 9,79% year on year (yoy) menjadi Rp 208,19 miliar per kuartal III-2024. Pada saat yang sama, laba bersih periode berjalan ZYRX anjlok 99,54% yoy menjadi Rp 137,78 juta.

Sekretaris Perusahaan ZYRX Evan Jordan menilai, pelemahan kinerja keuangan ZYRX sangat dipengaruhi oleh perlambatan permintaan laptop dan PC. Dia menjelaskan, permintaan produk laptop dan PC sempat mengalami lonjakan signifikan di pasar global, termasuk Indonesia, selama pandemi Covid-19. Hal ini disebabkan banyaknya aktivitas daring yang membutuhkan perangkat laptop atau PC.

Setelah pandemi berakhir, permintaan laptop dan PC juga ikut menyusut lantaran banyak orang telah melakukan pembelian besar-besaran selama periode tersebut.

Selain itu, ZYRX juga terdampak oleh persaingan ketat pasar laptop dan PC di Indonesia yang sangat kompetitif seiring banyaknya merek global yang menawarkan varian produk dengan harga kompetitif.

“Persaingan dengan merek internasional yang punya jaringan pemasaran dan kepercayaan merek yang kuat menyebabkan penurunan pangsa pasar dan penjualan neto,” ujar dia, Kamis (14/11).

Baca Juga: Zyrexindo Mandiri Buana (ZYRX) Bidik Penjualan 100.000 Unit Laptop

Tak ketinggalan, kinerja ZYRX juga terdampak oleh ketidakpastian ekonomi global dan nasional. Faktor seperti inflasi, kenaikan suku bunga acuan, dan penurunan daya beli membuat para konsumen menunda atau mengurangi pembelian perangkat elektronik yang tidak mendesak.

Manajemen ZYRX sendiri memproyeksikan penjualan neto sampai akhir tahun nanti berada di level Rp 320 miliar. ZYRX juga berharap dapat mempertahankan margin laba bersih di kisaran 8%-10%.

Penjualan ZYRX pun tetap ditopang oleh tiga segmen, yakni business to government (B2G) yang berkontribusi 30% dari total penjualan, business to business (B2B) dengan porsi 50% dari total penjualan, serta business to consumer (B2C) dengan porsi 20% dari total penjualan.

Dengan kontribusi penjualan yang besar, ZYRX tentu akan fokus memperkuat segmen B2B. Salah satu strategi yang diterapkan ZYRX di segmen tersebut adalah menggencarkan penjualan laptop dan PC ke perusahaan-perusahaan swasta dan BUMN yang punya potensi pembelian dalam jumlah besar dan kesepakatan kontrak jagka panjang.

“Di tengah permintaan konsumen individu yang menurun, segmen B2B menjadi sumber pendapatan yang lebih stabil dan terprediksi,” kata Evan.

Di samping itu, ZYRX fokus pada produk laptop dan PC yang menyasar sektor pendidikan dan  pemerintah. Hal ini sejalan dengan adanya program digitalisasi di kedua institusi tersebut. Kolaborasi dengan institusi pendidikan dan pemerintah dalam menyediakan laptop dan PC khusus bagi siswa dan pegawai negeri diharapkan dapat membantu mengangkat volume penjualan ZYRX.

ZYRX pun akan terus melakukan evaluasi terhadap portofolio produknya. Dalam hal ini, ZYRX berfokus pada produk dengan performa margin lebih tinggi, seperti laptop profesional atau perangkat khusus untuk bisnis.

“Dengan mengurangi fokus pada produk dengan margin rendah, perusahaan dapat mempertahankan profitabilitas sambil mengurangi risiko persaingan harga di pasar konsumen umum,” ungkap Evan.

Baca Juga: Zyrexindo (ZYRX) Targetkan Penjualan Capai Rp 320 Miliar di Akhir 2024

Lebih lanjut, ZYRX juga aktif memperkenalkan produk-produk baru. Tahun ini perusahaan tersebut telah meluncurkan Zyrex Gaming & AI Notebook serta Zyrex Display (Smart TV dan Monitor).

Salah satu pertimbangan utama ZYRX dalam merilis produk baru adalah kebutuhan pasar. ZYRX senantiasa melihat kebutuhan spesifik di pasar Indonesia, terutama untuk segmen konsumen yang membutuhkan perangkat dengan performa tinggi namun dengan harga terjangkau.

“Kami fokus pada produk yang dapat memenuhi kebutuhan produktivitas, edukasi, dan profesional,” kata Evan.

 

Selanjutnya: Baca 5 Rekomendasi Buku Self Development Terbaik Ini Yuk

Menarik Dibaca: Baca 5 Rekomendasi Buku Self Development Terbaik Ini Yuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

[X]
×