kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indonesia dan Jerman Jalin Kerjasama Tranformasi Digital


Jumat, 21 April 2023 / 07:39 WIB
Indonesia dan Jerman Jalin Kerjasama Tranformasi Digital
ILUSTRASI. REUTERS


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melakukan pertemuan bilateral dengan Bundesministerium für Digitales und Verkehr (BMDV) Jerman di sela-sela partisipasi Indonesia sebagai Official Partner Country Hannover Messe 2023.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya melakukan the 1st Indonesian-German Digital Dialogue (IGDD). Hal itu diharapkan jadi  wadah berbagi pengalaman, praktik nyata, implementasi regulasi, dan upaya menghadapi tantangan yang dihadapi oleh para pelaku usaha dalam bidang transformasi digital. Sehingga meningkatkan peran kedua negara dalam persaingan global di bidang teknologi.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Usman Kansong, menjelaskan Pemerintah Indonesia telah memusatkan upayanya pada percepatan transformasi digital sejak 2021, melalui perumusan dan implementasi Peta Jalan Indonesia Digital 2021–2024.

“Peta jalan ini menjadi panduan strategis bagi pemerintah Indonesia dalam bertransformasi menjadi masyarakat digital yang sepenuhnya terhubung melalui empat pilar: infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital,” kata Usman dalam keterangan resminya dikutip Jumat (21/4).

Untuk mengimplementasikan peta jalan tersebut diperlukan kesiapan di berbagai lini, mulai dari keamanan data, kesiapan teknologi, kemampuan dan literasi digital masyarakat, peraturan, hingga upaya kerja sama dengan berbagai pihak. Diperlukan diskusi yang melibatkan para stakeholders seperti startup, industri, dan usaha kecil menengah.

Menurutnya, pemerintah harus bekerja sama dengan sektor-sektor swasta tersebut untuk mempercepat digitalisasi yang dapat diuntungkan melalui kerja sama Jerman-Indonesia. Beberapa kegiatan yang dapat dipertimbangkan misalnya dialog bisnis, berbagi informasi dan strategi terbaik platform, dan program-program potensial lainnya.

Indonesia dan Jerman sebelumnya telah menandatangani Joint Declaration of Intent (JDoI) yang merupakan bentuk kerja sama di bidang transformasi digital. Area kerja sama yang disepakati adalah digital policy and strategy, data policies, internet governance processes and policies, digital technologies, sustainable digital transformation, dan digital inclusion. 

Sebagai implementasi dari JDoI, kedua pihak telah menyepakati Work Plan salah satunya berisi agenda rutin tahunan dalam bentuk Digital Dialogue.

Pada pertemuan pertama IGDD, kedua negara mengangkat topik Objectives and Priorities of the Indonesian–German Digital Dialogue, yang menjabarkan tiga prioritas pertemuan yakni Digital Policies and Strategy, Digital Emerging Technologies, dan Digital Business Opportunities and Models.

Kerja sama antara Indonesia–Jerman ini juga diharapkan bisa meningkatkan literasi masyarakat tanpa terkecuali, seiring transformasi digital. 

“Dengan menumbuhkan pemahaman bersama mengenai strategi digital masing-masing negara, kita dapat belajar dari keberhasilan dan kegagalan satu sama lain dan bekerja menuju masa depan digital yang lebih masa depan digital yang lebih kolaboratif dan inklusif,” pungkas Usman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×