Reporter: Epung Saepudin | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
JAKARTA. Beragam upaya yang dilakukan pemerintah agar produk Indonesia kian berkibar di pasar internasional. Salah satunya dengan mengikuti ajang pameran terbesar di dunia yakni World Expo 2009 yang bakal digelar mulai 1 Mei hingga 31 Oktober 2010 di Shanghai, China.
“Pameran dagang ini masuk dalam kategori ajang terbesar di dunia setelah ajang Piala Dunia dan Olimpiade.,” jelas Menteri Perdagangan Marie Elka Pangestu di Hotel Borobudur, Rabu (29/4). Dia bilang, ajang World Expo sangat bagus untuk mempromosikan nation branding Indonesia.
Adapun tema yang diangkat dalam World Expo tahun ini adalah "Better City Better Life". Indonesia sendiri akan mengangkat tema BiodiverCity, yang mengedepankan kearifan tradisional dan komunitas pedesaan di lingkungan perkotaan. Departemen Perdagangan memperkirakan, ajang World Expo kali ini bakal menyedot pengunjung sebanyak 70 juta orang dan akan diikuti 200 negara dengan 25 sponsor dari berbagai brand internasional.
Catatan saja, ajang World Expo dimulai pada pertengahan abad ke-19 yang pada awalnya lebih memfokuskan pada isu perdagangan dan inovasi di bidang teknologi. Kemudian periode 1950 sampai 1992 mulai berkembang pada isu-isu kebudayaan. Hingga 1992 sampai sekarang, World Expo sudah berkembang dalam upaya menampilkan image masing-masing negara di dunia termasuk pembentukan paviliun setiap negara.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News