kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,25   -4,93   -0.53%
  • EMAS961.000 0,42%
  • RD.SAHAM 0.08%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Industri media di tengah pandemi Covid-19: Trafik naik, iklan menurun


Jumat, 05 Juni 2020 / 23:04 WIB
Industri media di tengah pandemi Covid-19: Trafik naik, iklan menurun
ILUSTRASI. Kantor Operasional Media Nusantara Citra (MNC) komplek RCTI Kebun Jeruk Jakarta/KONTAN/Carolus Agus W/28/04/2008.


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri media alami peningkatan penonton selama masa pandemi Covid-19. Sayangnya, pada kesempatan yang sama secara bisnis dari iklan mengalami penurunan.

CEO Group Media Kompas Gramedia Andy Budiman menyatakan bahwa platform-platform digital Kompas mengalami kenaikan selama pandemi. Seperti di Bulan April 2020 dibandingkan dengan April 2019, kenaikan traffic-nya naik 134%.

"Kami bisa menyentuh pageviews sampai dua miliar, artinya ada sebanyak itu halaman digital dibuka oleh pembaca kami," ungkapnya saat video conference, Jumat (5/6).

Selain penambahan trafik, ada juga pergeseran pembaca platform digital Kompas yang awalnya didominasi pria, kini malah didominasi perempuan. Di masa Covid-19 ini pembaca perempuan platform digital mereka mencapai 60% sampai 70%.

Baca Juga: Pengguna Pay TV dan free online streaming meningkat saat pandemi Covid-19

Ia juga memaparkan di saat kanal mengenai pemberitaan Covid-19 mulai menurun perlahan, pemberitaan-pemberitaan daerah justru meningkat.

"Buat kami di media pemberitaan daerah harus dipertahankan bahkan ditingkatkan baik sekarang maupun sesudah Covid-19. Masyarakat daerah lebih tertarik update Covid-19 di daerahnya daripada di daerah lain," tambahnya.

Sayangnya, pada saat yang bersamaan Andy bilang secara bisnis iklan terdapat tren menurun. Ia memaparkan berdasarkan Nielsen, pada periode April advertisement index (adex) mengalami penurunan. "Dari Januari - Maret masih naik, tapi di April sudah mulai turun efek dari Covid-19," tambahnya.

Senada, EGM Divisi TV Video Telkom AA Gede Mayun Wirayuda menyebutkan IndiHome mengalami kenaikan cukup signifikan dari trafik penonton untuk genre series dan film.

Berbanding terbalik dengan trafik, dampak pandemi Covid-19 yang melemahkan ekonomi mengakibatkan pengiklan juga tinggal menyisakan sektor yang masih dicari masyarakat di era pandemi.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Corporate Valuation Model Investment Appraisal Model & Presentation

[X]
×