kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.482.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.490   -65,00   -0,42%
  • IDX 7.496   -47,74   -0,63%
  • KOMPAS100 1.161   -10,37   -0,89%
  • LQ45 930   -7,66   -0,82%
  • ISSI 225   -1,75   -0,77%
  • IDX30 479   -4,07   -0,84%
  • IDXHIDIV20 576   -4,59   -0,79%
  • IDX80 132   -1,10   -0,82%
  • IDXV30 142   -0,97   -0,68%
  • IDXQ30 160   -1,14   -0,70%

Industri otomotif senang LCGC dilanjutkan


Minggu, 23 November 2014 / 23:12 WIB
Industri otomotif senang LCGC dilanjutkan
ILUSTRASI. Dapatkan Diskon Spesial 10% Belanja di CoreNation, Pesan Dulu Produk PegiPegi!


Reporter: Widyanto Purnomo | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Kepastian pemerintah baru untuk melanjutkan program Low Cost Green Car (LCGC) atau mobil murah ramah lingkungan direspon positif industri otomotif dalam negeri. Pasalnya kebijakan tersebut karena akan menambah benefit bagi Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) dan Pemerintah.

 “Kami masih menunggu detil kepastian pemerintah baru yang akan melanjutkan program LCGC. Jika benar dilanjutkan ya Alhamdulillah saja dan sebenarnya biasa saja kalau memang benar dilanjutkan,” ujar Djongkie Sugiarto, Ketua II Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), kepada KONTAN, Minggu (23/11).

Djongkie menambahkan, dilanjutkannya kebijakan ini akan memberi dampak positif bagi ATPM produsen LCGC. Dampak positif tersebut antara lain penambahan kapasitas produksi yang akan menarik investasi lebih banyak, penambahan persentase kandungan komponen lokal dalam LCGC, dan bertambahnya pemasukan pajak bagi pemerintah.

Djongkie menambahkan, program LCGC juga sebenarnya berkontribusi  pemerintah “Jadi sebenarnya program ini tidak akan merugikan pemerintah, karena semakin banyak mobil LCGC nantinya akan menambah pemasukan pajak kendaraaan bermotor bagi daerah,” Ujarnya.

Rahmat Samulo, Direktur Marketing Toyota Astra Motor, menilai dampak positif dari diteruskannya kebijakan ini adalah dapat memperkuat industri otomotif dalam negeri khususnya bagi grup Toyota lewat produk LCGC mereka.

“Kita berharap menjadi tuan rumah di negeri sendiri salah satunya untuk produk LCGC agar dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri dan ekspor,” ujar Rahmat.  

 Untuk diketahui produk LCGC Toyota yaitu Toyota Agya saat ini sudah menembus pasar ekspor ke Philipina mulai tahun 2014. Sedangkan persentase komponen lokal untuk Toyota Agya sudah mencapai 86%. “Kami akan akan terus tingkatkan untuk memperkuat industrri otomotif dalam negeri,” ujar Rahmat. 

Adapun soal kemungkinan penambahan kapasitas produksi LCGC, Toyota hanya akan mengacu pada permintaan pasar. “Kapasitas produksi selalu kita kembangkan sesuai dengan kebutuhan pasar dan penerimaan masyarakat terhadap produk Toyota,” Ujar Rahmat . “Tahun depan kita akan gelontorkan dana 13 triliun untuk menambah kapasitas produksi dalam negeri,” tutupnya.

Pemain lain di segmen LCGC yaitu Suzuki berpendapat biasa saja dengan rencana diteruskannya program LCGC oleh pemerintah. “Mengenai dilanjutkannya program LCGC oleh pemerintah kami menanggapi biasa saja, yang jelas kami fokus dahulu untuk jualan karimun,” Ujar Davy J Tuilan, 4W Marketing & DND Director Suzuki Indomobil Sales.

Terkait dengan hal ini, Davy menambahkan Suzuki belum punya rencana untuk menaikkan kapasitas produksi  LCGC mereka. Soal harga pun Suzuki belum berencana untuk menaikan harga jual mobil LCGC mereka.

“Karimun Wagon R memang sudah setahun usianya, tapi kami belum berencana menaikan harga, apalagi akhir tahun bukan waktu yang tepat,” ujar Davy. Namun ia tidak menampik adanya kemungkinan naik harga di 2015, karena menurutnya semua pabrikan LCGC pasti menaikan harga terlebih karena naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES)

[X]
×