kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.662.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.280   55,00   0,34%
  • IDX 6.743   -132,96   -1,93%
  • KOMPAS100 996   -6,22   -0,62%
  • LQ45 785   7,24   0,93%
  • ISSI 204   -4,64   -2,22%
  • IDX30 407   4,40   1,09%
  • IDXHIDIV20 490   7,18   1,49%
  • IDX80 114   0,52   0,46%
  • IDXV30 118   0,81   0,69%
  • IDXQ30 135   1,91   1,44%

Ini Daftar Makanan yang Banyak Dipesan di Aplikasi GoFood pada 2024 dan Tren di 2025


Minggu, 09 Februari 2025 / 11:05 WIB
Ini Daftar Makanan yang Banyak Dipesan di Aplikasi GoFood pada 2024 dan Tren di 2025
ILUSTRASI. GoFood, layanan pesan-antar makanan dari Gojek, bagian dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) merilis laporanTren Surga Makanan GoFood. KONTAN/Baihaki/15/8/2018


Reporter: Leni Wandira | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. GoFood, layanan pesan-antar makanan dari Gojek yang merupakan bagian dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), baru saja merilis laporan tahunan berjudul: Tren Surga Makanan GoFood.

Laporan ini merangkum berbagai menu terpopuler yang dipesan oleh pelanggan sepanjang 2024 serta prediksi menu-menu yang akan digemari di 2025 berdasarkan pola perilaku konsumen.

Sebagai gambaran, GOTO mencatatkan pendapatan bruto sebesar Rp 10,38 triliun dari bisnis on deemand service (ODS), dengan gross transaction value (GTV) mencapai Rp 45,98 triliun sepanjang sembilan bulan pertama tahun ini. 

Baca Juga: Rumor Merger dengan Grab Menguat, Saham GOTO Berakhir di Zona Merah

Selain itu, GOTO mencatatkan pertumbuhan 30% YoY untuk jumlah pesanan on deemand service dan 25% YoY untuk GTV yang tercatat mencapai Rp16,3 triliun. Penawaran premium seperti GoFood Express turut menyumbang 22% terhadap GTV GoFood pada kuartal III/2024, membuka peluang untuk memperdalam share of wallet dari pengguna yang ada.

Head of Marketing Food & Ads Gojek Ignatius Satrio mengatakan pihaknya kembali mempersembahkan laporan Tren Surga Makanan GoFood untuk memberikan inspirasi bagi para pelanggan untuk menjelajah kuliner. 

Lebih dari itu, laporan ini juga menjadi acuan dan inspirasi bagi para mitra usaha untuk semakin mengenal selera pasar dan mengembangkan bisnisnya. 

"Misalnya, untuk berinovasi dalam membuat menu atau paket makanan, hingga mempelajari perilaku pelanggan untuk membuat strategi iklan di GoFood," ujar Rio, sapaan akrab Ignatius Satrio dalam keterangan resminya yang diterima KONTAN, Minggu (9/2).

Baca Juga: GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) Klarifikasi Isu Merger dengan Grab

Temuan Menarik Tren Kuliner 2024

Dalam laporan ini, beberapa tren menarik terungkap:  

1. Menu dengan Lauk Mengenyangkan – Nasi Ayam terus mempertahankan posisinya sebagai menu terlaris selama enam tahun berturut-turut.

2. GoFood Hemat – Mie menjadi pilihan terfavorit di kategori GoFood Hemat, menunjukkan bahwa makanan hemat tetap menjadi comfort food andalan banyak orang.

3. Minuman Segar – Aneka varian teh laris manis saat cuaca panas, dengan jumlah pesanan yang bila dijajarkan setara dengan jarak Jakarta-Cirebon!

Rio juga memproyeksikan tren kuliner pada tahun ini dengan melihat keyword yang paling banyak dicari oleh pelanggan. 

Salah satu yang paling menarik adalah Iced Americano, yang diprediksi akan menjadi primadona kopi, mengungguli varian sebelumnya seperti es kopi susu dan es kopi susu gula aren. 

Putri Habibie, seorang Passionate Homecook dan Food Content Creator, turut mengemukakan bahwa gaya hidup masyarakat turut membentuk tren makanan. Menu plant-based dan low-calorie semakin populer karena tren hidup sehat, sementara makanan praktis dan siap saji semakin diminati karena gaya hidup serba cepat di perkotaan.

Lebih lanjut, GoFood juga terus menghadirkan berbagai promo menarik bagi pelanggan, seperti potongan harga hingga Rp1 juta dengan promo Mak-Si-Mal, atau hemat hingga Rp9 juta dengan paket 90 hari Gojek PLUS. Berbagai promo lainnya termasuk buy 1 get 1 dan harga maksimal Rp22 ribu dengan GoFood Hemat juga semakin memperkaya pengalaman kuliner pengguna.

Rio juga menegaskan komitmen GoFood untuk terus memperkuat posisinya sebagai pemimpin layanan pesan-antar makanan di Indonesia. GoFood akan terus mendorong inovasi dalam ekosistem kuliner Indonesia, membantu mitra usaha untuk beradaptasi dengan tren terbaru dan mengembangkan bisnis mereka. 

"Seiring dengan komitmen GoFood untuk terus mengukuhkan posisi sebagai pemimpin layanan pesan- antar makanan di Indonesia, kami konsisten menghadirkan solusi inovatif untuk mendorong pertumbuhan ekosistem kuliner Indonesia. Kami juga mengajak para pelaku usaha kuliner untuk berinovasi dalam menghadirkan menu yang banyak dicari dan digandrungi pelanggan, sehingga mampu bersaing dan tumbuh bersama GoFood," tutup Rio.

Selanjutnya: Bukan Hal Baik, Kenali Apa Itu Birthday Blues dan Cara Mengatasinya di Sini

Menarik Dibaca: Bukan Hal Baik, Kenali Apa Itu Birthday Blues dan Cara Mengatasinya di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Finance for Non Finance Entering the Realm of Private Equity

[X]
×