kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45784,56   -4,98   -0.63%
  • EMAS937.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.36%
  • RD.CAMPURAN -0.47%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Ini komitmen Pertamina untuk jaga investasi sektor hulu di tengah pandemi Covid-19


Rabu, 27 Mei 2020 / 15:39 WIB
Ini komitmen Pertamina untuk jaga investasi sektor hulu di tengah pandemi Covid-19
ILUSTRASI. Sumur baru di Blok Mahakam

Reporter: Filemon Agung | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina (Persero) berkomitmen untuk tetap menjaga investasi pada sektor hulu di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang belum mereda.

Sepanjang tahun 2019 lalu, nilai investasi hulu mencapai US$ 2,45 miliar atau sekitar 60% dari keseluruhan investasi Pertamina pada RKAP tahun 2019 yang mencapai US$ 4,1 miliar.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman bilang, besaran investasi untuk tahun ini juga tak jauh berbeda dengan alokasi tahun lalu.

"Pertamina hingga saat ini memutuskan tetap melakukan investasi di sektor hulu untuk menjaga produksi dan lifting migas nasional. Pertamina terus memantau perkembangan situasi global, terutama pandemi Covid-19, harga minyak mentah dunia, serta nilai tukar rupiah terhadap dolar AS," jelas Fajriyah dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Rabu (27/5).

Baca Juga: Rencana penurunan harga BBM sangat terlambat dibanding negara tetangga

Fajriyah menambahkan, realisasi produksi migas Pertamina sepanjang kuartal I 2020 menunjukkan hasil yang positif. Pada triwulan I-2020, Pertamina mencatat produksi hulu migas sebesar 918,8 MBOEPD (ribu barel setara minyak bumi per hari).

Rinciannya, produksi minyak bumi rata-rata sebesar 420,4 MBOPD (ribu barel per hari), sedangkan produksi gas bumi mencapai rata rata sebesar 2887,9 MMSCFD (juta standar kaki kubik per hari).

Selain ditopang produksi anak usaha, kegiatan pengeboran juga dinilai berkontribusi terhadap kinerja positif kuartal I tahun ini.

"Sejumlah sumur baru yang selesai dibor pada 2019 telah mulai berproduksi pada awal tahun ini serta upaya pemeliharaan sumur-sumur (work over dan well services) yang ada menjadikan produksi migas Pertamina relatif stabil," ujar Fajriyah.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×